Membanggakan! Ini 5 Momen Tak Terlupakan Jokowi Bertemu Atlet Paralimpiade Tokyo 2020

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Jum'at 17 September 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 337 2473016 membanggakan-ini-5-momen-tak-terlupakan-jokowi-bertemu-atlet-paralimpiade-tokyo-2020-GbClhLDfZq.jpeg Jokowi menerima raket kenang-kenangan dari Leani. (Foto: Biro Pers Setpres/Agus Suparto)

JAKARTA - Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjumpa langsung dengan para atlet Paralimpiade yang bertanding di Tokyo 2020 beberapa waktu lalu.

Berikut adalah momen-monen tak terlupakan dalam pertemuan tersebut, sebagai berikut:

1. Disambut Sukacita

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan rasa gembira, senang dan bangga dengan prestasi yang diperoleh para atlet Paralimpiade yang bertanding di Tokyo 2020.

“Alhamdulillah seluruh Kontingen Paralimpiade Tokyo 2020 telah tiba di Tanah Air, semuanya kembali dalam kondisi yang sehat. Saya dan seluruh rakyat Indonesia menyambut kepulangan saudara-saudara dengan gembira, dengan senang dan bangga,” ungkap Jokowi saat menerima Atlet Paralimpiade Tokyo 2020, Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (17/9/2021). 

2. Apresiasi Setinggi-tingginya

Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas perjuangan dan kerja keras para atlet yang telah berhasil meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia. 

“Sudah disampaikan oleh Pak Menpora, perolehan medali dibandingkan dengan Paralimpiade sebelumnya sebuah lompatan. Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada para peraih medali dan juga terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh atlet, para atlet, para pelatih, para official para pendamping, Chief de Mission Kontingen Indonesia, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Jepang serta semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu per satu,” papar Jokowi.

3. Ucapan Terima Kasih Presiden

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada para atlet peraih medali emas,terutama dari cabang bulutangkis yang berhasil menyumbangkan dua emas.

“Dan juga terima kasih atas medali emas yang diberikan di cabang bulutangkis. Bukan hanya satu emas, tetapi langsung dua emas,” ucap Jokowi.

“Ini adalah sebuah lompatan dan saudara-saudara mampu membuktikan bisa bersaing, mampu bersaing di kancah global. Dan selamat juga untuk para juara yang sudah mempersembahkan baik medali perak medali perunggu,” kata Presiden.

4. Bonus

Presiden Jokowi memastikan akan memberikan bonus kepada para atlet Paralimpiade yang bertanding di Tokyo beberapa waktu lalu. Jokowi mengatakan pemerintah memberikan bonus Rp5,5 Miliar kepada peraih medali emas.

Kemudian, peraih medali perak akan mendapatkan bonus Rp2,5 miliar dan medali perunggu Rp1,5 miliar.

“Atas prestasi yang saudara raih, pemerintah memberikan penghargaan apresiasi berupa bonus 5,5 miliar rupiah kepada peraih emas, 2,5 miliar rupiah kepada peraih medali perak, 1,5 miliar kepada peraih medali perunggu,” ungkap Jokowi saat menerima Atlet Paralimpiade Tokyo 2020, Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (17/9/2021).

“Dan juga diberikan kepada para atlet nonperaih medali, serta pelatihnya tetapi jumlahnya tidak saya sebutkan di sini. Nanti yang membisiki biar Pak Menpora,” paparnya.

Diketahui, dalam perolehan medali Indonesia berada di posisi 43 dunia. Sementara perolehan dua medali emas dari cabang olahraga bulutangkis.

5. Kenang-Kenangan dari Atlet

Usai memberikan penghargaan dan bonus, tak disangka-sangka Presiden Jokowi mendapatkan hadiah sebuah “raket perjuangan” dari salah satu atlet. 

Diketahui raket tersebut diberikan oleh atlet peraih emas yakni Leani Ratri Oktila yang mengharumkan nama Indonesia di cabang bulutangkis. Raket itu adalah raket yang digunakannya saat berjuang meraih medali emas di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. 

Selain memberikan raket perjuangannya, Leani yang membawa raket lain juga “menodong” meminta kenang-kenangan dari Presiden Jokowi untuk tanda tangan di atas grip raket miliknya. Momen tersebut pun diabadikan langsung oleh biro pers media setpres Agus Suparto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini