4 Kasus Kanibalisme Paling Menggemparkan, Masih Ingat Sumanto?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 18 September 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 337 2472886 4-kasus-kanibalisme-paling-menggemparkan-masih-ingat-sumanto-ukOl5zSB4y.jpg Mantan narapidana kasus kanibalisme, Sumanto. (Foto: YouTube/Okezone.com)

JAKARTA - Kejadian kanibalisme atau seorang manusia yang memakan daging manusia lain sempat viral di Indonesia pada 2003, lewat aksi Sumanto. Rupanya, kasus tak lazim ini juga pernah terjadi di luar negeri dan juga menjadi perhatian warga internasional.

Berikut adalah kasus kanibalisme yang paling menggemparkan.

BACA JUGA: Gali Rumah Pembunuh Kanibal, Polisi Temukan 3.787 Tulang Belulang dari Hampir 20 Korban 

1. Sumanto

Nama Sumanto pernah begitu menyita perhatian publik pada 2003, setelah aksi kejinya terungkap. Pria asal Purbalingga, Jawa Tengah ini membongkar sebuah makam yang diketahui milik R dan memakan jasadnya. Praktik kanibalisme ini sebelumnya sudah pernah ia lakukan juga sebanyak 2 kali di Lampung, saat dirinya masih bekerja di sebuah perkebunan. 

Kepada pihak kepolisian, Sumanto mengaku jika aksi itu ia lakukan guna memperdalam ilmu hitam. Dengan memakan daging manusia, Sumanto merasa dirinya kebal dari serangan senjata, mendapat ketenangan batin dan menjadi kuat. Akibat perbuatannya itu, ia divonis 5 tahun penjara.

BACA JUGA: Sadis! Anak Bunuh dan Potong-Potong Ibunya Jadi 1.000 Bagian Sebelum Makan Dagingnya 

2. Terosman alias Mansur

Kasus kanibalisme di tanah air kembali terjadi pada November 2017. Kali ini, tersangkanya adalah seorang pria 57 tahun bernama Terosman alias Mansur. Ia membunuh majikannya sendiri, D, dengan cara yang sangat keji. Melansir iNews.id, Terosman juga menyantap kemaluan korban. Ia mengaku nekat melakukan aksinya itu karena sakit hati kepada D. Upahnya selamaa bekerja sebagai penjaga kebun dan pemanen kelapa sawit tak kunjung dibayarkan selamaa 3 tahun. Pria yang berasal dari Tanah Datar, Sumatera Barat ini diganjar hukuman penjara seumur hidup.

3. Jeffrey Dahmer

Dari dunia internasional, ada kasus Jeffrey Dahmer yang terungkap di tahun 1991. Dahmer diketahui sudah melakukan perbuatannya itu sejak tahun 1978, sebelum akhirnya diketahui publik di tahun 1991. Ia sudah membunuh 17 pria dan anak laki-laki sepanjang tahun tersebut. Tak sampai disitu, Dahmer juga mengonsumsi bagian tubuh korbannya. Ia kemudian menyimpan bagian tubuh lain yang tidak dimakan.

Akibatnya, ia divonis hukuman penjara 15 kali seumur hidup atau 957 tahun. Namun demikian, Dahmer tewas dengan luka serius di bagian kepala lantaran diserang dan dipukul oleh teman satu selnya pada 1994.

 

4. Andrez Mendoza 

Kasus terbaru menyangkut tindak kanibalisme terjadi di Meksiko, dan terungkap pada Juni 2021. Andrez Mendoza, pria berusia 72 tahun itu diketahui telah membunuh puluhan orang, dan memakan daging 17 korbannya. Saat polisi setempat melakukan penggeledahan di kediaman Mendoza, ditemukan ada lebih dari 3 ribu tulang manusia. Mendoza juga mengakui perbuatannya itu kepada polisi.

Pihak kepolisian memprediksi, Mendoza sudah melakukan aksi ini selama bertahun-tahun. Bersamaan dengan banyaknya laporan orang hilang di wilayah tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini