TNI-Polri Pastikan PON XX di Papua Tanpa Gangguan KKB

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 17 September 2021 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 337 2472714 tni-polri-pastikan-pon-xx-di-papua-tanpa-gangguan-kkb-PtDZGXOweC.jpg Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Rusdi (foto: istimewa)

JAKARTA - TNI dan Polri memastikan bahwa melakukan pengamanan terhadap kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua. Tujuannya, agar tidak ada gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Telah mengidentifikasi berbagai hal-hal yang kemungkinan akan muncul, salah satunya adalah gangguan dari KKB. Itu sudah teridentifikasi," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, Jumat (17/9/2021).

Baca juga:  Danrem 174 Merauke Tinjau Pembangunan Rumah Sakit Modular, Kapasitasnya 200 Tempat Tidur

Rusdi menjelaskan, TNI bersama Polri telah menyiapkan pengamanan PON XX Papua dengan maksimal agar mencegah gangguan atau teror dari KKB.

"Dalam rangka pengamanan PON ke XX di Papua, Polri bersama TNI dan instansi lainnya telah menyiapkan rencana pengamanan dari kegiatan tersebut. Dan tentunya juga Polri, TNI beserta instansi lain telah siapkan langkah-langkah untuk pencegahan daripada gangguan Yang disebabkan oleh KKB," ujar Rusdi.

Baca juga:  PON XX Papua 2021, Menpora: Persiapan Fisik Sudah Siap

Rusdi menuturkan, Polda Papua menggelar operasi kewilayahan yang difokuskan kepada pengamanan PON XX. Dia berharap PON bisa berjalan lancar dan aman.

"Di sana untuk pengamanan, Polda Papua menggelar operasi kewilayahan yang tentunya operasi itu difokuskan pengamanan daripada seluruh kegiatan atau rangkaian yang berhubungan dengan PON, baik pengamanan orang, barang, lokasi, maupun kegiatan. Itu semua diamankan. Mudah-mudahan dapat berlancar baik," papar Rusdi.

"Tentunya kami berharap semua PON itu yang ke XX di Papua bisa berjalan aman dan damai. Mohon doa," imbuhnya.

Sebelumnya, Polri menerjunkan 1.600 personel tambahan untuk membantu mengamankan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

"BKO (bawah kendali operasi) 16 SSK (satuan setara kompi) minggu depan jelang pelaksanaan (PON)," kata Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto saat dimintai konfirmasi, terpisah, Kamis 9 September.

Imam mengatakan mereka akan mengamankan 4 wilayah yang menjadi tempat pelaksanaan PON. Yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

"Operasi pengamanan PON tanggal 18 September, mereka berangkat di 4 wilayah yang selenggarakan PON," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini