Mengenal Sistem One World Terrain yang Membantu Latihan Tentara

Mohammad Adrianto S, Okezone · Jum'at 17 September 2021 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 337 2472607 mengenal-sistem-one-world-terrain-yang-membantu-latihan-tentara-k8KpcMgftA.jpg Tentara Amerika Serikat sedang menjelaskan soal sistem One World Terrain (Foto: Instagram)

JAKARTA - TNI AD menyelenggarakan latihan bersama US Army bertajuk Garuda Shield ke-15 di Baturaja, bulan Agustus silam. Kendati acara sudah usai, masih ada beberapa topik yang bisa dibahas dari kegiatan tersebut.

Salah satunya adalah sistem One World Terrain. Melansir dari unggahan video akun Instagram Kedutaan Amerika Serikat (@usembassyjkt), menjelaskan alat ini membantu latihan dari kedua belah pihak.

Baca Juga:  Panglima TNI Mutasi 150 Perwira Tinggi, Ini Daftar Lengkapnya

Dalam video berdurasi 1 menit tersebut, terdapat seorang tentara AS memaparkan mengenai One World Terrain.

"One World Terrain (OWT) adalah sebuah sistem yang bisa menangkap pemetaan 3D dan kemampuan citra unuk bantu fasilitasi pendidikan dan latihan lainnya yang bekerja dan mengatur seperti Garuda Shield ini," kata Tentara AS.

Sistem One World Terrain

Baca Juga:  Personel TNI di Perbatasan Malaysia Gagalkan Penyelundupan 41 PMI Ilegal ke Malaysia

Tidak hanya itu, dia juga menjelaskan spesifikasi dari drone tersebut. "Sistem ini terdiri dari drone, kamera, sistem komputer, beberapa antena, yang disiapkan untuk bantu drone mengerti dimana letaknya, seperti lokasi GPS," lanjutnya.

"Kami sedang membuat citra 3D yang bisa dipakai bantu fasilitasi perencanaan latihan yang lebih baik di latar belakang area pelatihan untuk iterasi mendatang dari Garuda Shield, baik bagi kami atau rekan Indonesia kami," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini