5 Kasus Kebakaran di Indonesia dengan Korban Terbanyak

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 17 September 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 337 2472470 5-kasus-kebakaran-di-indonesia-dengan-korban-terbanyak-mzGVqlo2US.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kasus kebakaran sering terjadi di Indonesia baik itu karena faktor manusia dan faktor alam. Kasiops Sudin Gulkarmat Jakarta Barat menyebutkan bahwa Januari hingga Juni 2021 terjadi 161 kebakaran di Jakarta.

Kebakaran ini tentunya menyebabkan kerugian material dan hilangnya nyawa manusia. Korban yang meninggal pun terkadang tidak sedikit. Berikut ini adalah beberapa kasus kebakaran paling banyak memakan korban.

BACA JUGA: Napi yang Tewas Akibat Kebakaran Lapas Tangerang Jadi 49 Orang

1. Kebakaran Hutan

Salah satu kebakaran hutan terbesar terjadi pada tahun 1977 lalu. Seluas 19,7 juta hectare hutan di Kalimantan dan Riau terbakar. Kejadian ini menyebabkan 100.000 orang terserang penyakit akibat asap dan sebanyak 240 orang tewas. Efek kabut asap juga membuat Asia Tenggara gelap. Dampak lain yang ditumbulkan adalah musnahnya keragaman hayati dan efek kabut asap yang menyebar ke beberapa negara tetangga.

BACA JUGA: Fakta Terbaru Kebakaran Lapas Tanggerang Tewaskan 48 Napi, Sumber Api Terungkap?

2. Kebakaran Kompleks Pergudangan

Kompleks Pergudangan 99, Jalan Raya Salembra, Kosambi, Tangerang, Banten terbakar pada tahun 2017 lalu. Kebakaran ini tercatat memakan korban jiwa terbanyak dimana 49 orang tewas dan 52 orang lainnya mengalami luka-luka. Kebakaran ini terjadi akibat percikan las yang mengenai bahan baku kembang api yang berada di pabrik gudang petasan.

3. Kebakaran Lapas

Kebakaran ini terjadi pada 8 September 2021 lalu di Lapas Kelas I Tangerang. Kebakaran yang sangat cepat membesar ini menyebabkan 41 warga binaan lapas meninggal dunia karena tidak sempat diselamatkan. Semua pintu kamar tahanan sedang terkunci saat kebakaran terjadi. Kebakaran ini terjadi akibat korsleting listrik. Penyelamatan warga binaan lapas juga sulit untuk dilakukan karena minimnya petugas yang berjaga.

4. Kebakaran Pabrik Swallow

Kebakaran ini terjadi akibat kelalaian pekerja serta manajer dalam mengganti flexible tube yang menyebabkan munculnya ledakan secara tiba-tiba. Dibutuhkan waktu yang lama dalam memadamkan kebakaran Pabrik Swallow serta Kilang Minyak di Cilacap ini. Dari kejadian ini, sebanyak dua orang pekerja teras, 28 lainnya dilarikan ke rumah ssakit, dan 40 pekerja lainnya terjangkit luka bakar serius.

5. Kebakaran Empat Petak Rumah

Jakarta merupakan daerah yang sering mengalami kebakaran. Salah satunya adalah terjadi 25 Maret 2021. Kebakaran yang terjadi di Jalan Pisangan Baru III, Matraman, Jakarta Timur ini memakan korban jiwa terbanyak di Jakarta. Sebanyak sepuluh orang tewas. Korban sulit untuk menyelamatkan diri karena akses keluar yang sulit. Selain korban jiwa, kerugian yang ditaksir mencapai Rp800 juta rupiah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini