Heboh Pemuka Agama Sebut Berwisata ke Candi Borobudur Adalah Perbuatan Haram

Tim Okezone, Okezone · Rabu 15 September 2021 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 337 2471910 heboh-pemuka-agama-sebut-berwisata-ke-candi-borobudur-adalah-perbuatan-haram-AFlyrwROrG.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Seorang pemuka agama di media sosial membuat heboh jagad dunia maya usai menyebutkan wisata ke candi borobudur adalah perbuatan haram.

Pernyataan tokoh yang bernama Ustadz Sofyan Chalid itu pun sontak membuat geger dunia maya. Seperti diketahui, Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata yang dikunjungi banyak masyarakat.

Pernyataan Sofyan itu pun terlontar saat menjawab pertanyaan dari salah satu audiens soal mengunjungi rumah ibadah agama lain.

"Apa hukumnya wisata ke tempat ibadah orang kafir contohnya Candi Borobudur?" jelas pertanyaan itu.

Sofyan pun langsung menjawab dengan tegas bahwa perbuatan tersebut merupakan tindakan haram dan harus dihindari.

"Hukumnya haram, karena itu termasuk persetujuan terhadap peribadahan mereka makanya kita tidak boleh duduk-duduk bersama orang yang menghina agama. Allah mengatakan kalau kamu duduk bersama mereka kamu seperti mereka," jelasnya.

Sofyan berpendapat bahwa hadirnya masyarakat di tempat ibadah agama lain dianggap sebagai persetujuan terhadap agama itu.

"Hadirnya kita di situ artinya persetujuan terhadap dia, kalau kita hadir di tempat peribadahan orang kafir sama saja berarti setuju dengan mereka walaupun hati kita nggak setuju tapi kehadiran kita adalah persetujuan itu sendiri. Kita nggak boleh hadir ke situ kecuali untuk satu tujuan, mau membubarkan orang yang beribadah selain kepada Allah," tegas dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini