BNPB Kirimkan Alat Tes PCR Dukung Pelaksanaan PON Papua

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 15 September 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 337 2471679 bnpb-kirimkan-alat-tes-pcr-dukung-pelaksanaan-pon-papua-gkY5oSt3RR.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Kemenkes) memastikan akan mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di tengah pandemi Covid-19.

Bahkan saat ini, BNPB kapasitasnya sebagai Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam hal dukungan untuk pengiriman alat tes Covid-19 polymerase chain reaction (PCR).

“Kita berkoordinasi dengan Kemenkes mengenai dukungan PCR. Dan PCR ini sudah sampai di lokasi,” ungkap Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi dalam dialog “Persiapan Penerapan Prokes Covid-19 PON XX Papua, Bercermin Dari Olimpiade Tokyo” secara virtual di kanal Youtube resmi BNPB, Rabu (15/9/2021).

Prasinta mengatakan para atlet juga semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan PON Papua ini harus negatif dari Covid-19 dengan pengetesan PCR. “Bagaimana nanti PCR ini adalah pendukung para atlet untuk kedatangan dan kepulangan dalam hal ini akan bekerjasama dengan Dinkes-Dinkes di Papua,” paparnya.

Selain itu, Prasinta mengatakan sesuai dari arahan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito, BNPB dipastikan akan mendukung kesiapan pencegahan dan mitigasi penyebaran Covid-19 maupun potensi bencana.

“Arahan Kepala BNPB selaku Ketua Satgas Covid-19 ini kita harus mendukung kelancaran penyelenggaraan PON di Papua dan meningkatkan kesiapan dari setiap individu yang terlibat baik menghadapi bencana selama penyelenggaraan PON. Serta meningkatkan persiapan dalam pencegahan dan mitigasi penyebaran Covid-19 melalui perubahan perilaku dan dukungan penanganan kesehatan dari Covid-19,” kata Prasinta.

Kemudian, kata Prasinta, pihaknya akan terus memastikan pelaksanaan protokol kesehatan. “Targetnya adalah di sini kita memantau mobilitasi dari daerah ke Papua atau sebaliknya, mobilisasi hotel atau venue atau sebaliknya, serta aktivitas di venue.”

“Sasaran-sasarannya adalah para atlet panitia pelaksana official dan kemudian juga ada kegiatan pembagian masker 3M dan pentingnya vaksin vaksinasi melalui juga akan baik yang kita akan keberatan sebelum pelaksanaan kemudian pada saat dan sesudah hari H,” tegas Prasinta.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini