Susun Peta Jalan Hidup Bersama Covid-19, Satgas: Ini Strategi Antisipatif

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 15 September 2021 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 337 2471492 susun-peta-jalan-hidup-bersama-covid-19-satgas-covid-19-ini-strategi-antisipatif-QNtqYtiWRx.jpg Wiku Adisasmito (Foto: Dok BNPB)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa saat ini kasus Covid-19 di Tanah Air terus mengalami penurunan. Meski begitu, Wiku menegaskan bahwa Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu singkat.

“Terlepas dari pencapaian yang amat baik ini, Indonesia meyakini bahwa Covid-19 tidak akan sepenuhnya hilang dalam waktu yang singkat. Dinamikanya masih terus ada, mengingat di beberapa negara lain masih ada yang berjuang menekan laju penularan,” katanya dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (15/9/2021).

Dia pun mengungkapkan bahwa untuk mengantisipasi kemungkinan kasus Covid-19 kembali tak terkendali pemerintah sudah menyusun peta jalan untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

“Sehingga demi mencegah kesuksesan pengendalian Covid-19 yang bersifat sementara maka pemerintah Indonesia menyusun peta jalan. (Ini) yang merupakan strategi antisipatif dan dasar tatanan hidup baru bagi masyarakat yang dikendalikan melalui kebijakan PPKM yang dinamis sesuai data dan fakta di lapangan,” ujarnya.

Baca juga: Motivasi Daerah, Satgas Sebut Capaian Vaksinasi Jadi Penentu Level PPKM

Dia menyebut, peta jalan ini tidak hanya untuk menekan terjadinya penularan Covid-19 namun juga mendorong produktivitas masyarakat yang terkendali.

“Kedepannya fokus pemerintah Indonesia ialah mencapai fatality rate kurang dari 2%, kasus aktif kurang dari 100 ribu kasus dan positifity rate kurang dari 5%,” pungkasnya.

Baca juga: Warga Positif Covid-19 Kepergok Keluyuran Bakal Dibawa ke Isoter

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini