Kasus Covid-19 Konsisten Menurun Selama 8 Minggu Berturut-turut

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 14 September 2021 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 337 2471282 kasus-covid-19-konsisten-menurun-selama-8-minggu-berturut-turut-CDEsspDdOi.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan laju kasus Covid-19 secara nasional konsisten mengalami penurunan selama 8 minggu berturut-turut sejak puncak kasus pada gelombang kedua Covid-19 pada Juli 2021.

“Per minggu ini laju kasus Nasional telah konsisten mengalami penurunan selama 8 Minggu berturut-turut,” ungkap Wiku saat Konferensi Pers secara virtual, Selasa (14/9/2021).

Wiku mengatakan kasus Covid-19 minggu ini turun 88,9% dibandingkan puncak kedua Juli lalu. “Kasus di minggu ini telah turun 88,9% dibandingkan puncak kedua. Bahkan jumlah kasus Minggu ini lebih rendah dibandingkan puncak pertama dan mendekati titik kasus terendah pada tanggal 10 Mei lalu,” ujarnya.

Kata Wiku, penekanan kasus ini tercapai karena kerjasama pemerintah yang bergerak cepat menyusun kebijakan dan seluruh lapisan masyarakat yang kooperatif dalam menerapkannya dengan disiplin.

Selain itu, langkah-langkah yang diambil adalah begitu kasus meningkat pemerintah langsung menetapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM, yang dilanjutkan dengan pembatasan yang lebih ketat atau PPKM level 1 sampai dengan 4 yang dilaksanakan pada 26 Juli hingga saat ini.

Baca Juga : Satgas: PPKM Terus Berlaku Menyesuaikan Perkembangan Covid-19 yang Dinamis

Pemerintah, sambungnya, juga mengatur perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri. Kebijakan tersebut setiap minggunya melalui rapat koordinasi rutin pusat dan daerah. “Dan akan terus disesuaikan dengan perkembangan kasus yang dinamika yang terjadi di masyarakat,” imbuhnya.

“Respons cepat dalam peningkatan kesiapan fasilitas kesehatan juga menjadi modal utama dalam menghadapi lonjakan kasus,” paparnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini