Jokowi Teken Perpres 82/2021 Atur Dana Abadi Pesantren

Widya Michella, MNC Media · Selasa 14 September 2021 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 337 2471268 jokowi-teken-perpres-82-2021-atur-dana-abadi-pesantren-6caArNHRwv.jpg Presiden Joko Widodo (Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Perpres tersebut ditandatangani Jokowi pada 2 September 2021.

Perpres ini turut membahas dana abadi yang merupakan dana yang dialokasikan khusus untuk pesantren dan bersifat abadi untuk menjamin keberlangsungan pengembangan pendidikan pesantren yang bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan.

Baca Juga:  Kemenag Alokasi Rp233 Miliar untuk Bantuan Pesantren

Terkait Dana Abadi Pesantren, Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas mengaku akan segera berkoordinasi dengan Menteri Keuangan selaku pengelola Dana Abadi Pendidikan. Sebab, dalam Perpres diatur bahwa Dana Abadi Pesantren bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan.

“Ini akan kami bahas bersama mekanismenya dengan Kemenkeu, baik yang terkait dengan alokasi maupun prioritas program. Dana Abadi Pesantren khusus untuk penyelenggaraan fungsi pendidikan Pesantren,” ujar Menag demikian dikutip pada laman resmi Kemenag, Selasa (14/9/2021).

Lebih lanjut, dana abadi pesantren juga tercantum dalam Pasal 23 dan 24 yaitu sebagai berikut:

Pasal 23

(1) Pemerintah menyediakan dan mengelola Dana Abadi

Pesantren yang bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(2) Dana Abadi Pesantren bertujuan untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan Pesantren bagi generasi berikutnya sebagai bentuk pertanggungjawaban antargenerasi.

(3) Pemanfaatan Dana Abadi Pesantren sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) dialokasikan berdasarkan prioritas dari hasil pengembangan dana abadi pendidikan.

(4) Pemanfaatan Dana Abadi Pesantren' sebagaimana dimaksud pada ayat (3) digunakan untuk penyelenggaraan fungsi pendidikan Pesantren.

 Baca Juga: Heboh Akses Pesantren Ditutup Pagar Beton, Santri Harus Loncat Tembok untuk Bisa Masuk

Pasal 24

Mekanisme pemanfaatan dana abadi pesantren sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini