Ketua Satgas Covid-19: Vaksinasi dan Pelaksanaan Prokes Harus Berjalan Berdampingan

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 14 September 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 337 2471071 ketua-satgas-covid-19-vaksinasi-dan-pelaksanaan-prokes-harus-berjalan-berdampingan-JuxL7xu96f.jfif Wapres KH Ma'ruf Amin didampingi Ketua Satgas Covid-19 Ganip Warsito tinjau vaksinasi di The Media Hotel and Towers, Jakarta, Selasa (14/9/2021). (BNPB)

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito menegaskan, vaksinasi Covid-19 harus sejalan dengan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes). Ganip memastikan pemerintah akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Kami akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Sesuai arahan Bapak Presiden, vaksin yang sudah tersedia saat ini langsung kami salurkan ke daerah untuk diberikan kepada masyarakat,” tegas Ganip dalam keterangan resminya, Selasa (14/9/2021).

Ganip juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan sebagai bagian dari pencegahan penyebaran Covid-19.

“Strategi defensif menghadapi Covid-19 saat ini adalah dengan pelaksanaan protokol kesehatan dan vaksinasi, keduanya harus berjalan berdampingan,” kata Ganip.

Ia menganalogikan penerapan prokes dan vaksinasi ibarat payung saat terjadi hujan. Payung tidak bisa menghentikan hujan, tapi bisa melindungi diri dari terpapar hujan.

Baca Juga : Daerah di Jawa-Bali Tak Capai Target Vaksinasi, Level PPKM Bakal Dinaikkan

“Begitupun masker tidak dapat menghentikan Covid-19, namun dapat mencegah penularannya dan vaksinasi yang akan membangun kekebalan imun dalam tubuh untuk mencegah kefatalan apabila terpapar Covid-19,” tutur Ganip.

Meskipun angka kenaikan kasus sudah mulai menurun, Ganip meminta masyarakat tetap waspada. Menurutnya, penurunan level PPKM di beberapa daerah bukan berarti Covid-19 sudah hilang namun hal itu menunjukkan adanya penurunan laju penularan.

“Menurunnya level PPKM bukan berarti Covid sudah hilang, itu menunjukan menurunnya laju penularan dan meningkatnya respon penangan dari pemerintah. Yang terpenting masyarakat tetap waspada dan berhati-hati juga selalu menerapkan prokes,” kata Ganip.

Menurut data yang dihimpun BNPB, per Senin (13/9) terdapat 73.310.563 masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Sementara untuk dosis kedua, sebanyak 42.104.839 masyarakat sudah mendapatkan vaksin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini