Aturan Baru PPKM: Syarat Masuk RI Harus Vaksin Lengkap, 3 Kali PCR dan Karantina

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 14 September 2021 06:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 337 2470864 aturan-baru-ppkm-syarat-masuk-ri-harus-vaksin-lengkap-3-kali-pcr-dan-karantina-sKZ28aNduQ.jpg Ilustrasi, Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Isty M)

JAKARTA - Kasus Covid-19 di Tanah Air semakin membaik. Sejumlah penyesuaian aktivitas pun diterapkan, seperti pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50%. Meski di tengah penurunan, Pemerintah tetap waspada munculnya gelombang ketiga Covid-19.

Untuk itu, Pemerintah memperketatat pintu masuk dari luar negeri. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marinvest) Luhut Binsar Pandjaitan.

Adapun pengetatan syarat perjalanan Internasional dari luar negeri yakni wajib vaksinasi penuh, PCR tiga kali, serta melakukan karantina selama 8 hari.

Luhut mengatakan pintu masuk untuk perjalanan internasional hanya dibuka di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng dan di Bandara Sam Ratulangi, Manado.

“Pembatasan pintu masuk untuk kemudahan pengawasan,” ungkap Luhut dalam Konferensi Pers secara virtual, Senin (13/9).

Baca juga: Catat! Berikut Indikator Evaluasi PPKM di Jawa-Bali

Sementara untuk Bali, kata Luhut, masih akan dipertimbangkan dalam waktu 1 hingga 2 minggu ke depan. “Sedangkan untuk Bali sedang kita pertimbangkan untuk jalan, kita akan lihat 1, 2 minggu ke depan,” ucapnya.

Pengetatan pelaku perjalanan ini juga sebagai upaya untuk mencegah transmisi varian baru Covid-19 yang masih terus menyebar. Terutama varian Delta yang memiliki kemampuan transmisi sangat cepat. Juga varian Mu yang kini telah tersebar di puluhan negara di dunia.  

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini