Catat! Berikut Indikator Evaluasi PPKM di Jawa-Bali

Dita Angga R, Sindonews · Senin 13 September 2021 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 337 2470783 catat-berikut-indikator-evaluasi-ppkm-di-jawa-bali-W1Ot0BCRDQ.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim dan Investasi (Marinvest) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini pemerintah terus menyiapkan proses transisi untuk hidup berdampingan dengan covid-19.Salah satunya dengan menggenjot angka cakupan vaksinasi.

Pemerintah pun mengambil langkah untuk menjadikan cakupan vaksinasi sebagai salah satu indikator evaluasi PPKM.

“Oleh karena itu, sebagai salah satu proses transisi untuk hidup bersama covid19, telah diputuskan untuk memasukkan indikator cakupan vaksinasi dalam evaluasi penurunan level PPKM dari level 3 ke level 2, dan level 2 ke level 1 di Jawa Bali,” katanya, Senin (13/9/2021).

Berikut ketentuan evaluasi PPKM berdasarkan cakupan vaksinasi

1. Cakupan vaksinasi dosis 1 harus mencapai 50% dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 40%, sebagai syarat tambahan untuk bisa turun dari level 3 ke level 2.

2. Cakupan vaksinasi dosis 1 harus mencapai 70% dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60% sebagai syarat tambahan untuk bisa turun dari level 2 ke level 1.

3. Untuk kota-kota yang saat ini berada pada level 2, akan diberikan waktu selama 2 minggu untuk dapat mengejar target pada poin diatas. Jika tidak bisa dicapai maka akan dinaikkan statusnya ke level 3.

Luhut menyebut bahwa pencapaian target cakupan vaksinasi sangat penting mengingat vaksin sudah terbukti melindungi dari sakit parah yang membutuhkan perawatan rumah sakit atau kematian terutama untuk para lansia.

“Oleh karena itu, target vaksinasi yang tinggi sebagaimana disebutkan diatas, adalah salah satu kunci utama dalam fase hidup bersama covid-19,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini