Luhut: Situasi Covid-19 Membaik Lebih Cepat Dibanding Perkiraan Kita

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 13 September 2021 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 337 2470771 luhut-situasi-covid-19-membaik-lebih-cepat-dibanding-perkiraan-kita-0pWrulS5WT.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marinvest) Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan agar masyarakat tidak euforia terhadap penurunan level PPKM yang begitu cepat.

“Situasi Covid-19 yang membaik begitu cepat di Jawa Bali, menyebabkan penurunan level PPKM yang lebih cepat dibandingkan perkiraan kita. Di sisi lain, kecepatan vaksinasi dan implementasi peduli lindungi serta protokol kesehatan masih tertinggal,” kata Luhut dalam Konferensi Pers secara virtual, Senin (13/9/2021).

Dia pun mengatakan euforia yang berlebihan terhadap penurunan level bisa menyebabkan potensi gelombang selanjutnya yakni gelombang ketiga Covid-19 terjadi di Tanah Air.

“Penurunan level PPKM di berbagai kota menyebabkan banyak euphoria dari masyarakat yang tidak disertai dengan implementasi protokol kesehatan dan penggunaan peduli lindungi. Hal ini cukup berbahaya karena dapat mengundang gelombang berikutnya dari Covid-19,” ungkap Luhut.

Selain itu, Luhut mengingatkan agar masyarakat terus waspada terhadap peningkatan kasus Covid-19. “Dapat disampaikan juga bahwa perlu kewaspadaan kita semua sekali lagi, karena terdapat peningkatan kasus konfirmasi atau angka kematian di beberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Semarang.”

“Pemerintah hari ini sekali lagi mempertegas pertanyaan banyak orang kapan PPKM Level Jawa Bali ini akan terus diberlakukan. Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM Level ini di seluruh wilayah Jawa Bali dan melakukan evaluasi nya tiap satu minggu guna menekan angka kasus konfirmasi dan tidak mengulang kejadian yang sama di kemudian hari,” tegas Luhut.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini