Teken Perpres, Presiden Jokowi Tambah Jabatan Wakil Menteri PPN

Riezky Maulana, iNews · Senin 13 September 2021 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 337 2470629 teken-perpres-presiden-jokowi-tambah-jabatan-wakil-menteri-ppn-1EGEDc74yb.jpg Presiden Joko Widodo (Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menambah jabatan wakil menteri Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN). Hal tersebut sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2021 tentang Kementerian PPN per 31 Agustus 2021.

"Pasal 2 (1) Dalam memimpin Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri dapat dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden. (2) Wakil Menteri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. (3) Wakil Menteri berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri," tulis Pasal 2 dalam Perpres tersebut dikutip, Senin (13/9/2021).

Baca Juga:  Jokowi: Jika Vaksin di Daerah Habis dan Menkes Tidak Kirim, Telepon Saya

Dalam Pasal 2 Ayat (4) dijelaskan wakil menteri mempunyai tugas membantu menteri dalam memimpin pelaksanaan tugas Kementerian. Adapun rincian tugas yang yang dimaksud dalam Ayat 4 terbagi ke dalam dua hal.

Pertama, membantu menteri dalam perumusan dan/atau pelaksanaan kebijakan Kementerian. Kedua, membantu menteri dalam mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit organisasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau Eselon I di lingkungan Kementerian.

"Menteri dan Wakil Menteri merupakan satu kesatuan unsur pemimpin Kementerian," bunyi Pasal 3.

Baca Juga:  Meski Pelajar Divaksin, Jokowi Ingatkan Daerah PPKM Level 4 Tak Gelar PTM

Selanjutnya, dalam Pasal 4 dijelaskan bahwa Kementerian PPN memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini