5 Fakta Terkini Tragedi 9/11

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 14 September 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 337 2470589 5-fakta-terkini-tragedi-9-11-50bsfrNf3k.jpg Serangan 9/11 di World Trade Centre (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tanggal 11 September sangat diingat oleh masyarakat dunia karena terjadi salah satu peristiwa terorisme yang paling mengerikan. Terorisme ini terjadi di World Trade Center (WTC) di Amerika Serikat pada tahun 2001 lalu. Serangan ini dilakukan oleh kelompok militan Al Qaeda berjumlah 19 orang. Kronologi dimulai dari kelompok ini membajak 4 pesawat  jet penumpang pertama Boeing-767 yang membawa 20 ribu galon bahan bakar.

Pesawat ini kemudian ditabrakkan ke bagian Menara Utara WTC yang merupakan jantung kota Newyork. Tidak selang beberapa lama, Boeing-737 menukik tajam ke bagian Menara Selatan Gedung WTC. Ini menyebabkan keruntuhan dari sebagian sisi Gedung WTC. Keruntuhan yang tak terhindarkan ini menyebabkan orang-orang yang berada di dalam Gedung tewas. Kejadian tragis ini yang menyebabkan kerusakan bangunan megah dan hilangnya ribuan nyawa manusia dikenang dengan pembangunan monument 9/11. Melansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa fakta terkini 9/11.

1. Petunjuk Muncul Pada September 2007

Kejadian ini menyebabkan Pemerintah Amerika Serikat mengejar pelaku kekacauan bin Laden. Badan Intelijen Amerika Serikat telah melakukan pencarian bertahun-tahun, hingga pada September 2007 petunjuk mulai muncul. Pada tahun 2011 saat Obama menjabat, CIA menemukan informasi bahwa bin Laden berada di Abbottabad, Pakistan. Aksi penggerebekan pun direncanakan. Aksi ini berhasil membunuh bin Laden pada 2 Mei 2011 dini hari. Jenazahnya kemudian dikuburkan sesuai dengan hukum Islam.

(Baca juga: Peringatan Tragedi 9/11, Rusia Sebut Terorisme Sebagai Ancaman Bersama)


2. Rekontruksi Gedung WTC

Gedung WTC dibangun kembali sejak tahun 2003 lalu dengan rencana induk dirancang oleh Daniel Libeskind. Dana pembangunan dibantu dari investasi sector swasta dan publik sebanyak 25 milliar dollar AS. Gedung ini dibangun menjadi tiga Gedung pencakar langit, sebuah museum, pusat transportasi, dan tugu peringatan 9/11. Tempat tragedi tersebut diubah objek wisata dan juga pusat bisnis.

(Baca juga: FBI Rilis Dokumen Penyelidikan Serangan 9/11, Arab Saudi Bantah Terlibat)

3. Pertanda Jejak Kaki Menara Kembar

Untuk dapat menandai jejak kaki Menara Kembar, di jantung bangunan tersebut di bangun dua kolam. Kolam ini dilengkapi dengan sepasang air terjun dengan empat sisi yang mengalir kebawah. Konsep kolam yang indah ini dirancang oleh Michael Arad. Untuk tetap mengenang kejadian 2001 silam, nama-nama korban kejadian diukir di pinggiran perunggunya.

4. Mulai Ramai Dikunjungi

Perlahan-lahan beberapa tempat di WTC mulai dibuka. Plaza peringkatan dengan kolam telah dibuka sejak 2011. One World Trade Center atau puncak Menara dan museum telah dibuka sejak 2014. Pada tahun 2016, dibuka pusat transit bawah tanah dan pusat perbelanjaan. Sebelum pandemic Covid-19, warga Amerika Serikat mulai ramai mengunjungi tempat yang sudah di rekontruksi teersebut. Namun, ini berubah setelah pandemic Covid-19 dimana orang-orang melakukan isolasi mandiri dan takut untuk keluar rumah.

5. Rekontruksi WTC Belum Selesai Dibangun

Dua gedung pencakar langit yang direncanakan belum selesai dibangun. Gedung ini direncanakan untuk menjadi sebuah pusat pertunjukkan seni dan gereja. Pembangunan Gedung ini direncanakan untuk selesai di tahun 2021 karena merupakan peringatan 20 tahun kejadian serangan tersebut. Dalam peringatan ini biasanya dilakukan upacara tahunan untuk mengenang korban. Selain dua gedung tersebut, beberapa bangunan juga masih belum rampung. Pembangunan ini juga dihentikan sementara akibat pandemic Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini