Gempa dan Tsunami Megathrust Membayangi, Mitigasi Bencana Wajib Masuk Kurikulum Sekolah?

Agnes Teresia, Okezone · Senin 13 September 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 337 2470549 gempa-dan-tsunami-megathrust-membayangi-mitigasi-bencana-wajib-masuk-kurikulum-sekolah-xb5qVukFA0.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA – Dalam Special Dialogue Okezone, Kepala Laboratorium Geodesi Institut Teknologi Bandung, Heri Andreas berpendapat bahwa mitigasi bencana wajib masuk ke dalam kurikulum sekolah. Diketahui, berbagai instansi di Indonesia memperingatkan pemerintah akan adanya potensi bencana empa Megathrust yang bisa menyebabkan tsunami hingga 20 meter.

“Ya tentunya wajib ya, kalau kita berkaca di Jepang ya, itu sebagai salah satu materi dalam kurikulum. Beberapa tahun lalu bahkan instruksi presiden atau arahan presiden itu untuk memasukkan urusan mitigasi bencana itu dalam kurikulum,” ucapnya.

Mitigasi bencana penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana di tingkat nasional. Hal ini dapat dilakukan dengan mengedukasi masyarakat dan harus dimulai sedini mungkin.

Sekolah merupakan salah satu lembaga yang dapat mewujudkan hal tersebut. Heri juga menyayangkan kebiasaan yang dimiliki masyarakat di Indonesia bersikap reaktif terhadap isu-isu yang masih hangat diperbincangkan saja.

“Kalau misalnya ini ada isu ini, terus ya reaktif, habis itu berapa bulan lagi hilang gitu ya. Isu Jakarta tenggelam ya kita lihat 2,3 bulan lagi,” ujar Heri

Diketahui sebelumnya Presiden RI, Joko Widodo telah meminta edukasi dan mitigasi bencana masuk kurikulum pendidikan. Dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin 7 Januari lalu, Jokowi meminta meminta kementerian serta lembaga terkait untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini