Sebagian Wilayah Pesisir Indonesia Diprediksi Tenggelam, Apa yang Harus Dilakukan Pemda?

Agnes Teresia, Okezone · Senin 13 September 2021 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 337 2470538 sebagian-wilayah-pesisir-indonesia-diprediksi-tenggelam-apa-yang-harus-dilakukan-pemda-9YyCS8mnh5.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA – Kepala Laboratorium Geodesi Institut Teknologi Bandung, Heri Andreas berikan imbauan bagi Pemda di wilayah pesisir dalam upaya menghadapi adanya potensi bencana.

Heri mengatakan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat merupakan hal yang perlu dilakukan dan dinilai efektif.

“Kalau untuk di Indonesia saat ini ya, yang paling efektif untuk kita lakukan tentunya kesiapsiagaan. Kesiapsiagaan itu ya harus menyentuh sampai level bawah, grass root bagaimana akan ada upaya kontingensi kemudian drill itu ya, kemudian memasang alarm, kemudian pelatihan-pelatihan ya. Meningkatkan literasi kebencanaan,” ujarnya dalam Special Dialogue Okezone.

“Jadi hal yang efektif ya supaya awarenessnya dapat jadi bukan menakut-nakuti,” lanjut Heri.

Masyarakat perlu diberikan edukasi kebencanaan agar dapat terus bersikap waspada dan siap siaga jikalau ada bencana. Salah satunya adalah skema mitigasi bencana gempa dan tsunami 20 20 20.

Metode ini mengajarkan masyarakat apabila merasakan getaran atau gempa selama 20 detik, masyarakat harus waspada terhadap tsunami yang akan datang dalam waktu 20 menit kemudian. Jika berada di garis pantai, masyarakat dianjurkan untuk mengevakuasi diri dan naik ke atas gedung dengan ketinggian 20 meter.

“Itu yang harus kita broadcast terus sehingga masyarakat aware, pemerintah juga aware, jadi dari hal-hal tersebut kita bisa mereduksi potensi bencananya lah,” tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini