5 Penggagalan Penyelundupan Narkoba di Lapas, Ada yang Diselipkan di Kue Kering

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 13 September 2021 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 337 2470331 5-penggagalan-penyelundupan-narkoba-di-lapas-ada-yang-diselipkan-di-kue-kering-DU6WEOeSqQ.jpg Ilustrasi (Foto: Legacy Healing Center)

BANYAK cara yang dilakukan sindikat narkoba untuk mengedarkan barang haram. Salah satunya dengan mengedarkannya ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Modus yang digunakan juga beragam mulai dengan cara dilempar hingga memasukkannya ke dalam makanan sale pisang.

Terbaru, petugas Lapas Kelas II A Bandung (Jelekong) berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba. Berikut kasus penggagalan penyelundupan narkoba di lapas.

1. Agustus 2021

Petugas Lapas Kelas II A Bandung (Jelekong) berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba yang diselipkan dalam kue kering. Penyelundupan tersebut terbongkar ketika petugas mencurigai kue kering yang dibawa pengunjung untuk salah satu napi. Petugas kemudian mengamankan pelaku dan napi.

Berdasarkan pemeriksaan, ditemukan 22 bungkus plastik kecil sabu seberat 5,6 gram, 8 bungkus plastik kecil ganja sintetis seberat 21,6 gram, dan 300 butir obat terlarang jenis tramadol.

2. April 2021

Penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu ke Lapas Kelas II B Cianjur berhasil digagalkan. Polisi menangkap dua pelaku penyelundupa. Modus pelaku dengan menyelipkan ke dalam rehal (meja kecil khusus tempat menaruh Alquran). Pihak polisi mendapat informasi adanya pengiriman narkoba dari luar ke dalam lapas kemudian berkoordinasi dengan Lapas Cianjur. Setelah dibongkar ditemukan empat paket sabu-sabu dengan berat total 32,76 gram.

3. Maret 2021

Petugas Lapas Kelas II A Kediri berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 900 butir pil koplo dan 2,75 gram serbuk diduga sabu-sabu ke dalam lapas. Penyelundupan dilakukan dengan cara dilempar ke dalam lapas. Barang haram tersebut dibungkus dengan plastik warna hitam dan ditemukan petugas lapas.

4. Maret 2021

Penyelundupan narkoba jenis ganja seberat 0,5 kg terjadi di Lapas Kelas IIB Sigli, Aceh. Ganja seberat 0,5 kg dibungkus menggunakan lakban yang dimasukkan dalam plastik warna hitam. Penyelundupan dilakukan dengan cara melempar ke dalam lapas. Barang terlarang tersebut ditemukan petugas ketika sedang berpatroli.

5. Februari 2021

Petugas Lapas Kelas II B Sukabumi berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu ke dalam area lapas. Penyelundupan dilakukan oleh 2 pelaku. Sabu-sabu tersebut merupakan pesanan dari napi yang berada di dalam lapas.

Modus yang dilakukan pelaku adalah memasukkannya ke dalam makanan sale pisang. Petugas yang mencurigai gerak gerik pelaku langsung mengamankannya. Ditemukan paket kristal putih yang dibungkus aluminium foil bekas rokok sebanyak 7 paket.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini