Terima Kujungan Athan Australia, KSAD Berencana Beli Rantis Bushmaster

Riezky Maulana, iNews · Senin 13 September 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 337 2470276 terima-kujungan-athan-australia-ksad-berencana-beli-rantis-bushmaster-0pwRMUt1xn.jpg KSAD Jenderal Andika Perkasa (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan dari Atase Pertahanan Australia, Kolonel Micah Batt di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta beberapa waktu lalu.

Kunjungan ini dilakukan guna menindaklanjuti kerja sama pengadaan alutsista Bushmaster dari Australia Defence Force.  

Meski tak mendetilkan nominal harganya, Micah menyebut telah terjadi penurunan harga jika TNI AD hendak membeli kendaraan taktis (Rantis) Bushmaster.

"Saya berterima kasih untuk bisa memberikan informasi bahwa ada penurunan harga dari Bushmaster. Kami berpikir untuk ekspor kendaraan ini," ucap Micah Batt dalam video yang diunggah TNI AD, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Ketika Istri KSAD Bergurau dengan Prajurit Elite AS yang Fasih Bahasa Indonesia

Selain itu, pihak Australia Defense Force juga menyediakan 15 unit Bushmaster untuk kendaraan taktis operasional TNI AD. Bushmaster itu nantinya akan mendukung Indonesia dalam menjalankan misi Pasukan Perdamaian PBB.

"Pemerintah kami telah setuju untuk memberikan 15 kendaraan bushmaster Kepada TNI untuk mendukung TNI dalam misi perdamaian PBB," katanya.

Baca juga: Terima Laporan Penyalahgunaan Anggaran Pendidikan, KSAD Ancam Rotasi hingga Pidana

Mendengar tawaran dan informasi tersebut, Andika meresponsnya dengan positif. Di saat yang bersamaan, selain berminat atas Bushmaster, TNI AD, kata Andika juga menginginkan Rantis Hawkei yang diproduksi oleh salah satu Industri Pertahanan Australia.

"Ini adalah sebuah gerakan yang positif dari Angkatan Pertahanan Australia. Ya Anda memberikan penawaran dan kami tertarik membeli Bushmaster dan Hawkei, disaat yang sama anda juga memberikan perhatian dengan menyediakan armada tersebut untuk kami,” tutur Andika.

Baca juga: Prajurit TNI dan Ratusan US Army Latih Tempur Bersama di Balikpapan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini