Gempa Megathrust Bisa Memicu Tsunami 20 Meter, Pahami Dulu Siklusnya

Agnes Teresia, Okezone · Senin 13 September 2021 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 337 2470268 gempa-megathrust-bisa-memicu-tsunami-20-meter-pahami-dulu-siklusnya-65GkQ0KbbF.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA – Kepala Laboratorium Geodesi Institut Teknologi Bandung, Heri Andreas berikan penjelasan mengenai gempa megathrust yang disebut-sebut dapat memicu tsunami dengan ketinggian air mencapai 20 meter.

Zona megathrust sendiri sebenarnya sekadar istilah untuk menyebutkan jalur subduksi lempeng bumi yang panjang namun relatif dangkal.

“Kebetulan kita punya ya megathrust di selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur bahkan terus sampai ke Sumatera. Saat ini memang gempa bumi itu kan sifatnya itu berulang ya, ada yang namanya earthquake cycle ya, ada siklus perulangan,” ujar Heri dalam Special Dialogue Okezone.

Karena adanya siklus tersebut, Heri mengatakan apa yang pernah terjadi sebelumnya dapat terulang kembali di tahun-tahun yang akan datang.

“Jadi apa yang pernah terjadi di Aceh akan terjadi lagi nanti di Aceh gitu ya. Apa yang pernah terjadi di Pangandaran misalnya 2006, bisa terjadi lagi di tahun-tahun mendatang dan juga sebelumnya pernah terjadi di berapa ratus tahun ke belakang,” terangnya.

Tidak hanya itu, ITB menemukan fakta bahwa megathrust untuk wilayah selatan Jawa sudah memasuki siklus perulangan. Jika dihitung secara matematis, diperkirakan gempa akan terjadi lagi mungkin dalam periodisasi 10-20 tahun mendatang.

“Dan ketika kita lihat dari data-data satelit, data-data GNSS (Global Navigation Satellite System) gitu ya, energinya itu ada,” tambahnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini