4 Kasus Debt Collector yang Nekat Rampas Kendaraan Korban

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 13 September 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 337 2470178 4-kasus-debt-collector-yang-nekat-rampas-kendaraan-korban-8QKP6tskD5.jpg Ilustrasi.

JAKARTA - Penagih hutang atau debt collector kerap menjadi satu hal yang menakutkan bagi masyarakat. Sebab, mereka sudah sering melakukan hal-hal kasar dan di luar batas. Bahkan, hingga melakukan perampasan kendaraan. Berikut adalah daftar kasus perampasan kendaraan oleh debt collector yang berhasil dihimpun tim Litbang MPI.

1. Makassar, Sulawesi Selatan

Pengemudi taksi daring di Makassar, Sulawesi Selatan berinisial RS mengaku menjadi korban perampasan oleh debt collector. Kejadian itu menimpa RS pada 7 September 2021. Melansir Okezone, kasus yang terekam kamera ponsel itu viral di aplikasi berbagi pesan. Terlihat ada 3 orang pria terlibat cekcok dengan korban. Hingga akhirnya, salah seorang tersangka mengambil paksa kunci mobil korban.

BACA JUGA: Viral! Mata Elang Babak Belur Dikeroyok Massa Usai Rampas Motor Ojol

Sementara itu, korban berprinsip bahwa mobil itu masih menjadi miliknya, lantaran belum ada putusan pengadilan terkait tunggakan mobil itu. Kasus tersebut saat ini masih diselidiki oleh Kapolsek Manggala.

2. Kebon Jeruk, Jakarta Barat 

Seorang pengemudi ojek daring di Jakarta mengalami kejadian tak mengenakkan pada 6 September 2021. Ketika itu, si pengemudi ojek, RS sedang melintas di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Ia lantas diberhentikan oleh 2 orang pria yang mengaku dari perusahaan leasing. Keduanya menyebut jika RS melakukan penunggakan pembayaran. Korban diminta ikut ke kantor leasing di daerah Kedoya. Akan tetapi, korban harus mengantarkan barang konsumennya terlebih dahulu. Para tersangka kemudian mengikuti korban.

BACA JUGA: Debt Collector Rampas Mobil Sopir Taksi Online di Jalan, Polisi Turun Tangan

Setelah selesai mengantarkan barang, pelaku membawa korban ke wilayah Kebon Jeruk. Di sanalah motor korban dirampas. Pemandangan itu terekam oleh kamera milik warga. Banyak pula warga yang membantu korban mempertahankan motornya. Kasus ini kemudian ditangani Kapolsek Kebon Jeruk.

3. Minahasa, Sulawesi Utara

Kendaraan seorang remaja berusia 15 tahun di Minahasa, Sulawesi Tenggara diambil paksa oleh 3 orang debt collector pada Juni 2021. Tak hanya merampas sepeda motor korban, para pelaku juga melakukan tindak penganiayaan. Korban kemudian melapor ke pihak berwajib. 

Beberapa hari berselang, para tersangka berhasil dibekuk. Polisi terpaksa menembakkan timah panas ke kaki ketiganya karena mencoba melarikan diri. Dari tangan pelaku, polisi berhasil menyita sepeda motor milik korban dan sepeda motor milik tersangka.

4. Mataram, NTB 

Sebuah mobil milik ibu hamil di Mataram, NTB dirampas oleh 2 orang penagih hutang pada Oktober 2020. Para pelaku juga melakukan pengancaman kepada korban. Saat kejadian, korban yang baru pulang dari perusahaan finance untuk menyelesaikan pembayaran cicilan kendaraan dihadang oleh 2 orang tidak dikenal. Mereka mengaku sebagai pihak dari perusahaan finance tersebut.

Mengutip iNews.id, keduanya mengatakan jika korban melakukan penunggakan pembayaran. Mobil korban juga terpaksa harus disita. Saat itu juga, korban tidak bisa berbuat banyak dan pasrah ketika mobilnya dibawa.

Setelah kejadian itu, korban melapor ke Polresta Mataram. Pelaku juga berhasil ditangkap dan diproses untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini