Share

Peristiwa 12 September: Lahirnya Persis

Tim Okezone, Okezone · Minggu 12 September 2021 04:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 337 2469969 peristiwa-12-september-lahirnya-persis-1lP94R2wcv.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 12 September. Sebut saja Pertempuran Wina, peristiwa kerusuhan Tanjung Priok, hingga berdirinya Persatuan Islam (Persis).

Okezone telah merangkum beberapa di antaranya, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org:

1683 – Pertempuran Wina

Pertempuran Wina adalah sebuah pertarungan dalam Perang Austria-Ottoman yang terjadi pada 12 September1683 antara pasukan Kerajaan Ottoman dengan tentara Austria dan Polandia.

Pertempuran ini menandai titik balik konflik sepanjang 300 tahun antara pasukan kerajaan-kerajaan Eropa Tengah dan Kerajaan Ottoman.

Baca juga: Selain Muhammadiyah, Persis juga Tetapkan Lebaran 13 Mei

1923 – Lahirnya Persatuan Islam (Persis) di Bandung

Persatuan Islam atau disingkat Persis adalah sebuah organisasi Islam di Indonesia. Persis didirikan pada 12 September 1923 di Bandung oleh sekelompok Islam yang berminat dalam pendidikan dan aktivitas keagamaan yang dipimpin Haji Zamzam dan Haji Muhammad Yunus.

Persis didirikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman Islam yang sesuai dengan aslinya yang dibawa oleh Rasulullah SAW dan memberikan pandangan berbeda dari pemahaman Islam tradisional yang dianggap sudah tidak orisinal karena bercampur dengan budaya lokal, sikap taklid buta, sikap tidak kritis, dan tidak mau menggali Islam lebih dalam dengan membuka kitab-kitab hadits yang shahih.

Baca juga: Peristiwa 12 September: Pertempuran Wina hingga Kerusuhan Tanjung Priok

Oleh karena itu, lewat para ulamanya seperti Ahmad Hassan yang juga dikenal dengan Hassan Bandung atau Hassan Bangil, Persis mengenalkan Islam yang hanya bersumber dari Al-Quran dan Hadits.

1984 – Peristiwa Kerusuhan Tanjung Priok

Peristiwa Tanjung Priok berisi insiden kerusuhan yang terjadi pada 12 September 1984 di Tanjung Priok, Jakarta, hingga menimbulkan sejumlah korban tewas dan luka-luka serta sejumlah gedung rusak terbakar.

Sekelompok massa melakukan defile sambil merusak sejumlah gedung dan akhirnya bentrok dengan aparat yang kemudian menembaki mereka. Sedikitnya sembilan orang tewas terbakar dalam kerusuhan tersebut dan 24 orang tewas oleh tindakan aparat.

Baca juga: Din Syamsuddin Dituduh Radikal, Waketum Persis: Bisa Jadi Modus Kriminalisasi

1986 – Hari Kelahiran Pesepakbola Jepang Yuto Nagatomo

Yuto Nagatomo yang lahir pada 12 September 1986 merupakan pemain sepakbola berkebangsaan Jepang yang kini membela klub Galatasaray sebagai pemain pinjaman dari FC Internazionale Milano. Ia Berposisi sebagai bek sayap.

Baca juga: FPI Dibubarkan, Persis: Tugas Nahi Munkar Harus Terus Dilakukan

2007 – Gempa Bumi Bengkulu

Gempa Bumi Bengkulu pada 2007 adalah rangkaian gempa yang terjadi di Palung Jawa, di lepas Pantai Bengkulu, Sumatera. Gempa ini menimbulkan peringatan tsunami di pantai-pantai Samudera Hindia yang kemudian dicabut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini