3 Kejadian Tidak Biasa di Dalam Lapas

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 12 September 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 11 337 2469753 3-kejadian-tidak-biasa-di-dalam-lapas-5nCSX3ROZy.jpg Ilustrasi lembaga pemasyarakatan (Foto: Reuters)

JAKARTA - Beberapa kejadian tak masuk akal atau aneh pernah terjadi di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas). Salah satunya adalah seorang narapidana (napi) warga negara China yang berhasil kabur dengan membuat lubang di dalam kamar selnya. Selain kasus itu, ada sederet kasus lain yang tak biasa terjadi di dalam lapas. Berikut adalah daftar kejadian tidak biasa di dalam lapas yang diolah dari berbagai sumber.

1. Napi Berhasil Kabur dengan Membuat Lubang

Cai Changpan, terdakwa mati kasus penyelundupan 110 kg sabu asal Cina membuat geger masyarakat Indonesia pada September 2020 lantaran berhasil melarikan diri dengan cara tak wajar dari lapas kelas 1 Tangerang, Banten.

Dirinya menggali lantai kamar selnya dengan menggunakan alat seadanya, seperti obeng dan alat pahat selama kurang lebih 8 bulan. Lubang yang ia buat itu tembus ke gorong-gorong di luar lapas. Cai melancarkan aksinyaa dari pukul 10 malam hingga 5 pagi. Setelah berhasil kabur, Cai melarikan diri ke sebuah hutan di kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ia akhirnya berhasil ditemukan dalam keadaan tewas usai bunuh diri di sebuah kawasan di Jasinga, Bogor, 34 hari setelah ia kabur. Sementara itu, polisi menetapkan 2 orang petugas lapas sebagai tersangka.

 (Baca juga: Lapas Overkapasitas, Mahfud MD Singgung Pengguna Narkoba Direhabilitasi)

2. Penemuan Napi Tewas di Bak Mandi Lapas

Seorang napi ditemukan tewas pada Oktober 2015 di Lapas Kelas 1 Surabaya. Napi berinisial NSR itu ditemukan sudah tak bernyawa di bak mandi selnya. Dilansir berbagai sumber, NSR diduga mengalami gangguan kejiwaan hingga nekat mengakhiri hidupnya sendiri. Bahkan, NSR ditemukan dalam kondisi tanpa busana.

Seminggu sebelum ditemukana tewas, NSR ternyata dipindahkan ke sebuah sel karantina karena melakukan tindak penganiayaan terhadap napi lain. Korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit karena menderitaa luka.

 (Baca juga: Kisah Kerusuhan Penjara Paling Mematikan dalam Sejarah, 43 Orang Tewas Terbunuh)

3. Pengeroyokan Napi

Pengeroyokan napi dengan motif tidak lazim terjadi di lapas kelas II B Merauke, Papua pada 8 Mei 2021. Kejadian ini mengakbitkan 2 napi korban pengeroyokan tewas.

Adapun motif di balik pengeroyokan sesama napi tersebut lantaran si korban diduga memiliki ilmu santet. Para tersangka menganggap korban sebagai biang keladi banyaknya napi yang meninggal akibat penyakit usus buntu, sesak napas, gangguan lambung dan gangguan jantung. Penyakit-penyakit itu masih dianggap baru dan dikatakan muncul karena adanya ilmu hitam.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini