Kegemilangan Gajah Mada yang Berujung Hadiah dari Raja Majapahit

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 11 September 2021 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 337 2469617 kegemilangan-gajah-mada-yang-berujung-hadiah-dari-raja-majapahit-phTDMk838o.jpg Mahapatih Gajah Mada (foto: ist)

GAJAH MADA, Patih Kerajaan Majapahit kala itu konon cukup tersohor dengan strategi politiknya. Tapi selain terkenal ahli berpolitik, Gajah Mada juga digambarkan sebagai pribadi yang bijaksana dalam kepemimpinan dan dipercaya.

Sebagaimana dikisahkan pada buku "Gajah Mada Sistem Politik dan Kepemimpinan" karya Enung Nurhayati, Gajah Mada diibaratkan sebagai seorang perwira, memiliki sifat bijaksana dalam kepemimpinan, dapat dipercaya, fasih dan tajam dalam berbicara, jujur, tenang, setia, dan patuh pada raja.

Baca juga:  Gajah Mada Ternyata Seorang Adhyaksa, Hakim Tertinggi di Majapahit

Sifat Gajah Mada ini sebagaimana terdapat dalam naskah Kakawin Negarakertagama, sebagai pejabat pemerintahan yang sangat pemberani, bijaksana, mahir, serta setia bakti pada raja dan negara. Tak hanya itu, ia juga fasih dan ahli berbicara, tapi tenang dalam berbicara, dan usahanya tak pernah menyimpang.

Ia digambarkan sebagai tangan kanan raja patih utama dan pengamanan wibawa raja. Akibat kesetiaan dalam mengamankan sang raja inilah, konon Hayam Wuruk yang menjabat sebagai raja Majapahit kala itu memberinya sebuah hadiah.

Baca juga:   Cerita Hayam Wuruk, Raja Majapahit yang Meninggal dalam Kesedihan

Hadiah berupa tempat tinggal yang indah ini konon berada di Dukuh Kasogatan, terkenal di Madakari Pura, dengan pemandangan sangat cantiknya. Naskah Kakawin Negarakertagama mengisahkan bagaimana tanah tersebut adalah anugerah Sri Baginda Raja kepada Patih Gajah Mada, teratur sangat cantik

Di sanalah dikunjungi oleh baginda raja pasanggarahannya diatur dengan hiasan yang serasi. Sementara setelahnya sang raja mendatangi sungai lalu mandi pada mata air, serta melaksanakan puja penyucian.

Konon selama Gajah Mada menjabat sebagai perdana menteri kondisi keamanan di Majapahit begitu kondusif. Sosok Gajah Mada terkenal sebagai pengawal seluruh urusan pemerintahan yang penting.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini