Viral Gambar Sertifikat Vaksin Diklaim Tertua di Dunia, Ini Faktanya

Agnes Teresia, Okezone · Jum'at 10 September 2021 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 337 2469604 viral-gambar-sertifikat-vaksin-diklaim-tertua-di-dunia-ini-faktanya-UaND3pf98p.jpeg Foto: Istimewa

JAKARTA - Guru besar Filologi di Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Oman Fathurahman memberikan klarifikasi terkait beredarnya sebuah gambar sertifikat vaksin yang diklaim sebagai sertifikat vaksin tertua di dunia.

Gambar sertifikat vaksin tersebut viral di media sosial dengan narasi: ‘Sertifikat vaksin tertua di dunia tahun 1721 Masehi. Dikeluarkan oleh Khalifah Islamiyah Turki Ustmani. Vaksin itu bagian dari peradaban Islam yang maju’.

Foto kertas berwarna coklat tersebut tampak sudah tua dan ada tulisan Arab serta bahasa Prancis Certificat du Vaccin. 

“Ada benarnya tapi banyakan salahnya,” jelas Oman dalam live talkshow di akun media sosial Twitter-nya pada Jumat (10/9/2021).

Oman menjelaskan bahwa memang benar gambar tersebut adalah sebuah sertifikat vaksin. Namun Oman mengatakan tahun yang tertera tidaklah benar.

Baca juga: Viral Kakek Bawa Uang Ratusan Juta dan Emas Seperempat Kg, Pikun Lupa Jalan Pulang

“1721-nya yang keliru,” ujarnya.

Pada kenyataannya, usia sertifikat vaksin tersebut tidak setua yang diklaim di media sosial tersebut. Menurut Oman, kemungkinan sertifikat tersebut berasal dari awal abad ke-20 atau sekitar tahun 1908 bukan 1721. Selain itu, tidak bisa dipastikan apakah sertifikat tersebut benar yang tertua atau tidak.

“Untuk tertuanya bisa iya bisa tidak,” kata Oman.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini