Capaian Vaksinasi Masih Timpang, Ini Saran dan Rekomendasi Satgas Covid-19

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 10 September 2021 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 337 2469522 capaian-vaksinasi-masih-timpang-ini-saran-dan-rekomendasi-satgas-covid-19-ib6nNM8wPB.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Capaian vaksinasi covid-19 antara satu daerah dengan yang lainnya masih timpang. Dimana ada daerah yang cakupan vaksinasi tinggi tapi ada pulang belum sampai 30% dari target.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya memperbanyak stok vaksin untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi nasional dari berbagai skema.

“Namun untuk segera melakukan percepatan vaksinasi, perlu adanya upaya proaktif antara keduanya pusat dan daerah untuk menjamin keberadaan stok vaksin mencukupi khususnya di tiap kabupaten atau kota,” katanya dalam konferensi persnya, Jumat (10/9/2021).

Wiku pun berharap agar para bupati dan walikota walikota selalu aktif berkoordinasi dengan gubernurnya. Sementara para gubernur juga harus terus memantau stok vaksin di kabupaten/kotanya.

“Diharapkan para bupati dan walikota aktif berkoordinasi dengan gubernur setempat yang menjadi penerima pertama stok vaksin dari pusat. Gubernur pun mampu menjadi perpanjangan tangan pimpinan daerah wilayah administratif di bawahnya untuk mengadvokasikan kebutuhan dosis vaksin di daerahnya,” ujarnya.

Menurutnya hal tersebut akan menjadi masukan penting bagi Kementerian Kesehatan dalam pendistribusian vaksin covid-19.

“Hal ini juga akan menjadi input berarti bagi Kementerian Kesehatan. Termasuk perbaikan mekanisme distribusi dan logistik untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini