Share

5 Kejadian Akses Jalan Ditembok yang Bikin Heboh

Hambali, Okezone · Sabtu 11 September 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 337 2469436 5-kejadian-akses-jalan-ditembok-yang-bikin-heboh-mAjMk2qMDj.jpg Tiga rumah warga tertutup tembok yang dibangung pengembang di Tangerang. (Foto : Okezone/Hambali)

PERSOALAN sengketa tanah masih marak ditemui di Tanah Air. Bahkan di sejumlah kejadian persengketaan tersebut, ada yang sampai menutup akses jalan dengan tembok.

Kejadian-kejadian ini pun menjadi sorotan publik dan viral di media social (medsos). Berikut sejumlah kejadian penembokan akses jalan yang menghebohkan masyarakat, seperti dirangkum pada Sabtu (11/9/2021) :

1. Tangerang, Banten

Pada Februari 202, akses menuju sebuah bangunan di kawasan Tajur, Ciledug, Kota Tangerang, Banten, ditutup paksa akibat sengketa yang tak kunjung selesai. Cerita berawal dari bangunan yang ditempati A dan sekaligus dikelola menjadi tempat fitness ini dulu dibeli oleh kakeknya dari hasil lelangan bank.

Namun, orang yang memiliki tanah tersebut sebelumnya mengaku tanah di depan bangunan itu masih menjadi milik keluarganya. Akibat sengketa ini, ahli waris yang mengakui tanah tersebut menutup akses satu-satunya menuju bangunan itu menggunakan tembok beton. Ia juga memasang kawat di atas tembok tersebut. Ancaman dan perbuatan ini membuat keluarga A melaporkan kejadian ini ke polisi. Kejadian ini viral karena diunggah oleh pemilik akun @viralciledug.

2. Ponorogo, Jawa Timur

Pada 2017, warga menutup akses jalan untuk masuk ke rumah keluarga WW di Ponorogro sehingga tidak memiliki akses jalan untuk masuk. Hal ini dilakukan karena pada 2016, ayam milik keluarga WW sering masuk ke rumah tetangganya.

Ini menyebabkan tetangganya membangun tembok setinggi satu meter di keliling batas rumahnya agar ayam milik keluarga WW tidak masuk ke rumahnya lagi. Akibat tembok ini, keluarga WW terpaksa menggunakan akses jalan gang sempit.

3. Pengandaran, Jawa Barat

Akibat tanahnya dilindas oleh mobil pikap milik M (52), pemilik tanah ini membangun tembok setinggi 2,5 meter. Hal ini mengakibatkan M dan keluarganya tidak bisa masuk ke rumah.

Baca Juga : Pemilik Tanah Bangun Tembok Tutup Akses Jalan, 7 Kepala Keluarga Terisolasi

Padahal M sudah berusaha untuk meminta maaf, tapi diabaikan. Akibat tidak adanya akses jalan, M dan keluarganya mengontrak rumah yang tidak jauh dari kediamannya yang terisolasi tersebut. M sudah berusaha untuk meminta bantuan ketua RT dan Kepala Dusun. Namun, mediasi yang dilakukan ini tetap membuat pemilik tanah tidak memberikan jalannya.

4. Pemalang, Jawa Tengah

Sebanyak empat rumah tidak memiliki akses jalan karena ditutup oleh tembok. Jalan yang dapat digunakan untuk keluar adalah hanya melalui saluran air.

Penutupan tembok ini terjadi karena sengketa antara S dan TB. S awalnya tidak menyepakati mengenai penjualan tanah kepada TB. Secara tiba-tiba uang muka dikembalikan dan langsung membangun tembok tersebut. Empat kepala keluarga ini lalu berusaha bertemu pemilik tanah agar dapat memiliki akses jalan kembali. Mediasi juga dibantu polisi.

5. Tangerang Selatan, Banten

Dua rumah di Pondok Kacang, Tangerang Selatan ini tidak memiliki akses jalan sejak 2019. Akses jalan ditembok dan diberikan kawat berduri dengan panjang 300 meter. Pemilik rumah harus menggunakan bangku plastik agar dapat menuju akses jalan utama. Kejadian ini dimulai dari mantan ahli waris yang rumahnya disita bank dan kemudian dilelang. Ahli waris tidak terima rumah ini dijual kepada pemilik saat ini. Ia ingin kembali mengambil rumah ini dengan harga yang murah. Akibat kejadian ini, pemilik rumah saat ini membuat laporan ke polisi. (diolah dari berbagai sumber/Ni Ketut Candra Puspita/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini