Beberkan Alasan PON Digelar di Papua, Mahfud MD: Torang Bisa!

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 10 September 2021 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 337 2469404 beberkan-alasan-pon-digelar-di-papua-mahfud-md-torang-bisa-1kbCsA0HxT.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: istimewa)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Papua, Jumat (10/9/2021). Dia didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Mahfud meninjau langsung persiapan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paraliampiade Nasional (Peparnas).

Mahfud mengatakan bahwa penunjukkan Papua sebagai tuan rumah PON dan Peparnas adalah sebagai bukti bahwasanya pemerintah tak membedakan-bedakan Papua. Menurut dia, jika daerah lain bisa, tak ada alasan Papua tak bisa.

"PON dan Peparnas diselenggarakan di Papua karena pemerintah ingin ada pesta olahraga nasional yang menjadi tanda bahwa Papua bisa maju bersama dengan daerah lain. Maka semboyannya Torang Bisa," ujar Mahfud dalam konferensi pers virtual, Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Lapas Overkapasitas, Mahfud MD Singgung Pengguna Narkoba Direhabilitasi

Selain itu, PON dan Peparnas dilangsungkan di Papua sebagai bentuk bukti hadirnya pemerintah di Bumi Cendrawasih secara efektif. Bahkan, hal itu pun telah ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar penyelenggaraan PON tetap berlangsung dengan baik meski di tengah pandemi Covid-19.

"PON dan Peparnas yang berjalan baik dan aman akan menjadi bukti bahwa negara ini benar-benar hadir secara efektif di Papua. Karena itu, walaupun kita tengah menghadapi pandemi, presiden tetap meminta agar PON di Papua terlaksana dan berlangsung dengan baik," tuturnya.

Baca juga: Mahfud MD Kenang Dinasehati Gus Dur dengan Cara Jenaka

Adapun kata baik yang dimaksud Mahfud yaitu, aman dari gangguan Covid-19, gangguan keributan, dan berjalan dengan meriah. Sehingga, hal ini dapat memberi kegembiraan kepada seluruh masyarakat dan kepada para atlet yang bertanding.

Mahfud menjelaskan, sekiranya ada 10 ribu atlet dan ofisial tim yang akan memeriahkan jalannya PON dan Peparnas. Sehingga, perlu pengelolaan yang baik dalam penanganan pandemi Covid-19 ini.

"Jadi pandemi ini ada bersama kita dan akan tetap ada selama PON. Tetapi itu supaya bisa dikendalikan dan dikelola dengan baik tanpa saling menganggu. Covid-19 kita kelola dan PON dapat berjalan dengan baik," katanya.

Baca juga: Mahfud MD Ungkap Alasan PON Digelar di Papua

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini