Presiden Jokowi Perintahkan Transisi dari Pandemi ke Endemi, Ini Respons Menkes

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 10 September 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 337 2469300 presiden-jokowi-perintahkan-transisi-dari-pandemi-ke-endemi-ini-respons-menkes-uM5DcGqrHD.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto : ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan, akan memulai proses transisi dari pandemi ke endemi. Presiden menegaskan, bahwa Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat, maka dari itu masyarakat harus siap hidup berdampingan dengan virus tersebut.

 Baca juga: Mobilitas Mulai Meningkat, Moeldoko: Jangan Sampai PPKM Darurat Diberlakukan Lagi!

Merespons itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa dalam masa transisi ini masyarakat sudah dapat memulai beraktivitas dengan menyesuaikan level PPKM di daerah masing-masing.

“Masyarakat juga harus menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan juga segera divaksinasi bagi yang belum. Testing, Tracing, Treatment termasuk isolasi terpusat harus digalakkan agar identifikasi potensi kasus baru dapat segera dimitigasi,” ucap Menkes dikutip dari rilis Biro Pers Sekretariat Presiden, Jumat (10/9/2021).

Baca juga:  Kemensos Anggarkan Rp138 Miliar untuk Anak Yatim-Piatu Akibat Covid-19

Selain itu, Menkes mengatakan bahwa hidup bersama dengan Covid-19 merupakan kenyataan yang harus dihadapi bersama.

“Setelah mendengarkan masukan dari para epidemiolog yang mengingatkan bahwa covid tidak akan hilang dalam waktu dekat. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden untuk bersiap hidup bersama Covid, menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan vaksinasi merupakan kunci dalam mengendalikan covid ini,” pungkas Menkes.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini