Kesaksian Warga saat Melihat Penangkapan Teroris di Grogol Petamburan

Dimas Choirul, MNC Media · Jum'at 10 September 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 337 2469278 kesaksian-warga-saat-melihat-penangkapan-teroris-di-grogol-petamburan-dJMMN5NkHf.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Seorang terduga teroris berinisial SH, ditangkap oleh tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri di kediamannya di Jalan Kebon Pisang, RT04, RW07, Kelurahan Wijaya Kesuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (10/9/2021).

Ketua RT 04 setempat, Nurlaila mengatakan, ia sempat melihat petugas kepolisian membawa sejumlah kitab-kitab saat menangkap anggota warganya itu.

"Ada, mungkin kitab ya, saya juga kurang tahu (kitabnya) kurang paham," tuturnya saat ditemui MNC portal di lokasi.

Baca juga:  Satu Terduga Teroris JI Ditangkap di Grogol Jakbar

Ia mengatakan, penangkapan itu terhadap SH terjadi pada pukul 09.30 WIB.

"Awalnya saya tidak tahu. Saya cuma dihubungi (petugas kepolisian) dia cuma pengen ke wilayah saya nyari warga atas nama ini ini ini (SH)," ujarnya.

Baca juga:  Terduga Teroris yang Ditangkap Ternyata Dewan Syuro Jamaah Islamiyah

Ia mengaku tak diberitahu alasan polisi mendatangi rumah warganya itu. Kendati demikian, saat ditangkap, SH dan keluarga tampak kooperatif. "Aman-aman aja. Engga ada sama sekali perlawanan dari pihak keluarga," tuturnya.

Nurlailia menuturkan, SH sudah tinggal lebih dari lima tahun di lingkungannya. SH juga terkenal baik di lingkungan masyarakat. Nurlaila juga memastikan tak ada gerak-gerik yang mecurigakan terhadap warganya itu.

Saat ditanya mengenai kelompok pengajiannya, Ia mengatakan SH tak pernah mengikuti pengajian di lingkungannya. Namun demikian ia pernah mengetahui sesekali SH ikut pengajian di luar lingkungannya.

"Mungkin dia punya jemaah. Di wilayah kami di RW 07 dia engga aktif apa-apa cuma tinggal di istrinya," ungkapnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Mabes Polri meringkus tiga orang terduga teroris di wilayah Bekasi Utara, Jawa Barat dan Jakarta Barat, Jumat (10/9/2021).

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramdahan mengatakan, inisial ketiga orang terduga teroris itu yakni MEK, S dan SH.

MEK dan S diringkus di wilayah Harapan Jaya, Bekasi Utara. Sementara SH, ditangkap di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Ia menyebut tiga orang terduga teroris ini merupakan kelompok jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI). "SH merupakan anggota dewan syuro JI," tuturnya.

Kendati demikian, Ramadhan tak menjelaskan rinci kronologis penangkapan para terduga teroris itu. Ia mengatakan, pihak Densus 88 saat ini masih melakukan pengembangan. "Nanti di update," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini