Mendapat Penghargaan IVL, Bupati Majalengka Prioritaskan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Hingga Vaksinasi

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Kamis 09 September 2021 22:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 337 2468989 mendapat-penghargaan-ivl-bupati-majalengka-prioritaskan-pelayanan-kesehatan-masyarakat-hingga-vaksinasi-tNDSaD47Wv.jpg Bupati Majalengka Karna Sobahi. (Foto: MPI/Iqbal Dwi Purnama)

JAKARTA - Bupati Majalengka, Karna Sobahi berhasil mendapat penghargaan Inagurasi Indonesia Visionary Leader (IVL) berkat visinya dalam menangani pandemi Covid-19 sekaligus penanganan dampak ekonomi masyarakat Majalengka.

Menghadapi pandemi Covid-19, menurutnya pandemi ini menyerang dua hal yang penting dalam kehidupan bermasyarakat, pertama kesehatan dan ekonomi, untuk itu Karna Sobahi melihat peningkatan dalam hal layanan dasar kesehatan masyarakat menjadi fokus utama supaya dapat menjaga kondisi ekonomi masyarakat.

BACA JUGA: Ini 15 Kepala Daerah Peraih Apresiasi Indonesia Visionary Leaders

Karena pandemi ini menyerang dua hal, pertama menyerang kesehatan dan kedua menyerang ekonomi, oleh sebab itu strategi kami, bagaimana Majalengka dengan penduduk 1,2 juta, kita kelola dengan baik, baik dari sisi kesehatan, maupun penangan dampak ekonomi," ujar Bupati Majalengka kepada MNC Portal, Kamis (9/9/2021).

Untuk penanganan pandemi sendiri menyiapkan 10 alat perlindungan diri kepada masyarakat Majalengka, seperti Alat Pelindung Diri untuk tenaga kesehatan, serta 10 masker yang siap didistribusikan kepada setiap masyarakat.

BACA JUGA: Uji Strategi Daerah Menangani Pandemi, MNC Menggelar Indonesia Visionary Leader

Selain itu Karna Sobahi juga menyiapkan rumah sakit yang siap menerima dan merawat pasien yang terkonfirmasi Covid-19 beserta obat-obatan. Dengan itu harapnya dapat meminimalisir warga Majalengka terpapar Covid-19.

Dengan upaya-upaya tersebut, Bupati Majalengka itu juga sekaligus menggerakan roda Ekonomi Masyarakat agar terus berjalan meski disituasi sulit. "Kemudian Ekonomi-ekonomi juga kita gerakan, terutama sektor-sektor rill, UMKM, pertanian, padat karya, artinya rakyat tidak diam pada saat pandemi ini," tambahnya.

Namun kegiatan ekonomi dan penanganan pandemi harus selaras dengan akselerasi vaksinasi. Untuk itu edukasi terkait vaksin menjadi modal utama pemerintah mensukseskan program ini. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk Karna Sobahi, untuk itu dirinya tak jarang mengajak tokoh adat dan pemuka agama turut memberikan edukasi kepada masyarakat.

Kemudian sekarang program vaksinasi, kita juga mengajak para tokoh-tokoh adat, ulama, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait vaksinasi ini, Alhamdulillah masyarakat banyak yang mau vaksin, untuk itu kami usul kepada bapak presiden tolong vaksin disiapkan untuk rakyat, rakyat meminta itu," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini