Share

5 Tokoh Pahlawan Nasional Ini Pernah Dipenjara saat Zaman Penjajahan Belanda

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 10 September 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 337 2468896 5-tokoh-pahlawan-nasional-ini-pernah-dipenjara-saat-zaman-penjajahan-belanda-2uKbQl38LM.jpg Sukarno (Foto : Ist)

TAK sedikit tokoh pahlawan nasional harus mengalami menghabiskan waktu di penjara saat zaman penjajahan. Mereka dipenjara lantaran dianggap berbahaya oleh pemerintahan kolonial.

Berikut sejumlah tokoh nasional yang pernah dipenjara sewaktu zaman penjajahan Belanda, seperti dirangkum pada Rabu (10/9/2021) :

1. Ir Soekarno

Di balik jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan, Ir Soekarno pernah mengalami masa kurungan dari tahun 1929 hingga 1931 dari penjara Banceuy ke penjara Sukamiskin, Bandung. Masa tahanan ini dijalani akibat tuduhan menyebarkan propaganda terhadap kaum bumiputra. Pemerintah kolonial menganggap r. Soekarno sebagai musuh yang berbahaya. Namun, hal ini tidak membuat jera Soekarno dalam mempengaruhi massa untuk melawan penjajahan.

2. Mohammad Hatta

Bung Hatta memiliki sikap politik yang tegas dan keras. Bagi semua kader organisasi pada saat masa perjuangan kemerdekaan, Bung Hatta dianggap seperti “Godfather”. Hingga sampai pada 25 Februari 1934, Bung Hatta ditahan di penjara Glodok karena dianggap terlalu berbahaya jika dibiarkan terus beraktivitas. Saat di bangku kuliah, Bung Hatta juga sempat diasingkan di penjara Den Haag pada 1927.

 

3. Sutan Sjahrir

Sutan Sjahrir merupakan Perdana Menteri pertama Indonesia dan pahlawan yang keluar masuk tahanan Belanda dari Boven Digoel, Banda Neira, dan Sukabumi bersama Bung Hatta sejak 1930-an. Sjahrir dijebloskan ke Penjara di Cipinang, Meester Cornelis. Kemudian, pada Desember 1934, Sjahrir diasingkan ke Boven Digoel bersama dengan aktivis lainnya seperti Tjipto Mangunkusumo, dkk. Akhir hidup Sjahrir begitu tragis karena dipenjara tanpa proses peradilan.

Baca Juga : 9 Tokoh Nahdlatul Ulama yang Bergelar Pahlawan Nasional, Berikut Daftarnya

4. Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro pernah mengalami dinginnya penjara bawah tanah di Museum Fatahillah Jakarta. Pangeran Diponegoro ditahan akibat menjadi tawanan perang pada tahun 1830. Namun, Pangeran Diponegoro tidak ditempatkan bersama dengan tahanan lain yang merupakan budak-budak, tapi justru ditempatkan di ruangan yang lebih terhormat karena statusnya seorang Pangeran. Tidak diketahui secara pasti di ruangan mana tempat Pangeran Diponegoro ditahan.

5. Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien memiliki kontribusi yang sangat besar bagi kemerdekaan Indonesia melalui perjuangannya melawan Belanda saat Perang Aceh. Sosok perempuan berani ini, ternyata juga pernah merasakan menjadi tahanan penjajah. Ia dikurung di penjara bawah tanah Museum Fatahillah. (diolah dari berbagai sumber/Ni Ketut Candra Puspita/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini