Lapas Overkapasitas, Mahfud MD Singgung Pengguna Narkoba Direhabilitasi

Isty Maulidya, Okezone · Rabu 08 September 2021 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 337 2468281 lapas-overkapasitas-mahfud-md-singgung-pengguna-narkoba-direhabilitasi-DtCndJUKcT.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : Okezone.com)

TANGERANG - Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan bahwa dominasi kasus narkoba dalam hunian lapas disebabkan banyaknya pengguna narkoba yang tidak direhabilitasi. Padahal menurutnya dalam kasus tertentu, pengguna narkoba juga bisa dianggap sebagai korban dan perlu direhabilitasi.

"Kasus narkoba ini mendominasi tingkat hunian lebih dari 50 persen. Yang terjadi adalah pengguna yang pada umumnya korban, atau dalam banyak kasus terjebak dalam kepemilikan narkoba," ujar Mahfud usai mengunjungi korban kebakaran Lapas Klas I Tangerang pada Rabu (8/9/2021).

Menyikapi kasus narkoba, setiap tersangka kasus kepemilikan narkoba perlu diseleksi karena banyak juga diantaranya yang dijebak. Sehingga dengan adanya seleksi tersebut, bisa mengurangi warga binaan di dalam lapas.

"Korban dan pengguna kita pikirkan apakah itu harus masuk lapas semua, apa direhabilitasi. Jika terbukti, pada tahap tertentu korban rehabilitasi," lanjutnya.

Baca Juga : Menkumham : Lapas Tangerang Overkapasitas hingga 400%

Selain itu, Mahfud MD menyebutkan adanya kemungkinan pembagunan lapas baru untuk mengurangi kapasitas lapas. Namun, hal tersebut perlu dibicarakan lebih lanjut dan juga perlu dipertimbangkan mengenai dana dan juga kesiapan lahan.

"Kami berencana segera membangun lapas, ini sejak 2004 sudah dibicarakan terus antara DPR dan pemerintah karena pertimbangan anggaran dan lainnya," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini