Menkumham : Lapas Tangerang Overkapasitas hingga 400%

Isty Maulidya, Okezone · Rabu 08 September 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 337 2468199 menkumham-lapas-tangerang-overkapasitas-hingga-400-Q57qP9Bbga.jpg Menkumham Yasonna Laoly. (Foto : Okezone/Isty Maulidya)

TANGERANG - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyebut Lapas Kelas 1 Tangerang overkapasitas hingga 400%. Ia menyebut overkapasitas di dalam merupakan persoalan klasik.

"Lapas ini overkapasitas hingga 400 persen, dan ini memang persoalan klasik. Hampir terjadi di setiap lapas lainnya," jelasnya dalam jumpa pers di Lapas Kelas 1 Tangerang.

Total seluruh warga binaan yang menghuni Lapas Kelas I Tangerang diketahui berjumlah 2.702 orang. Padahal kapasitas maksimal hanya sekitar 900 warga binaan.

Bahkan, blok C2 yang terbakar juga kelebihan kapasitas hingga petugas kewalahan menyelamatkan penghuni lapas yang terkunci di dalam sel.

"Total penghuni lapas ada 2.702 orang, yang terbakar ini blok C2 dengan penghuni sebanyak 122 orang," katanya.

Yasonna menuturkan, overkapasitas ini disebabkan tingginya angka tindak pidana narkoba di Indonesia. Selain itu, penambahan pembangunan lapas juga dinilai tidak mudah untuk mengatasi overkapasitas. Karena itu, menurutnya, perlu adanya pembenahan dalam Undang-Undang Narkotika.

Baca Juga : Menkumham: Api Cepat Membesar, Kamar Tahanan Tak Sempat Dibuka

"Permasalahan kita adalah pelanggaran tindak pidana narkoba. Maka, penanganan narkotika. Saya sudah lama mengajukan revisi UU narkotika. Ada persoalan di UU narkotika. Contoh pemakai, kita berharap pemakai direhab. Kalau semua masuk di lapas enggak muat," ujarnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini