Mahfud MD Ungkap Alasan PON Digelar di Papua

Riezky Maulana, iNews · Rabu 08 September 2021 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 337 2467797 mahfud-md-ungkap-alasan-pon-digelar-di-papua-Ik2Hf7tSqV.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: istimewa)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melakukan dialog dengan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan akademisi Papua.

Di mana rakyat Papua merasa bangga karena dipercaya oleh pemerintah menggelar PON XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI.

Ketua Persatuan Gereja-Gereja Papua (PGGP) Pendeta MPA Maury menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan berharap PON bisa berlangsung aman dan sukses.

"Mari kita rukun-rukun saja karena suksesnya PON ini harga diri bagi rakyat Papua, ini kepercayaan Tuhan melalui pemerintah kepada rakyat Papua yang harus dijaga baik," ujar Maury dalam keterangan tertulis Kemenko Polhukam, Selasa (7/9/2021).

Di kesempatan yang sama, Pastor Petrus Suwarjono menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi, karena telah mempercayakan kepada Papua sebagai tuan rumah PON dan Peparnas. Menurut dia, kesempatan itu menjadi bukti bahwa presiden memperhatikan rakyat Papua.

Baca juga: Warganet Adukan Pungli di Samsat, Mahfud MD: Saya Minta Datanya

“Kami berterima kasih kepada Presiden Jokowi, ini adalah bukti Presiden memberi perhatian dan rakyat Papua bangga akan perhatian ini. Kami bangga Presiden sudah memberi kepercayaan,” tutur Suwarjono.

Selain itu, Saiful Islam Al Payagedari dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua, berharap agar PON menjadi momentum kemajuaan. Dia mengharapkan PON dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Mahfud MD: Perguruan Tinggi Harus Jadi Benteng Budaya!

”Supaya kita maju berkembang sama dengan daerah-daerah yang lain. Jangan gamang dengan kejadian-kejadian di tempat lain, Papua Barat itu jauh, kita semua berharap agar PON berjalan lancar,” jelas Saiful.

Menanggapi pernyataan dari sejumlah tokoh itu, Mahfud MD menjelaskan alasan PON dan Peparnas diadakan di Papua dan di era pandemi. Menurut dia, Presiden Jokowi ingin mendorong kemajuan bersama, termasuk di Papua.

“Kita ingin di Papua ini terjadi pesta olahraga yang mendorong kemajuan kita bersama di Papua. Presiden sendiri yang menyatakan PON ini harus sukses, antisipasi semua persoalan dan persiapan semua kebutuhan” ucap Mahfud.

Mahfud MD sendiri akan datang akhir pekan ini ke Papua untuk memastikan PON berjalan dengan baik, lancar, dan aman. Menurut dia, hal ini sesuai amanat Instruksi Presiden Nomor 4/2021.

Baca juga: Mahfud MD Pastikan Keamanan Terkendali, PON Papua Siap Dilaksanakan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini