5 Fakta Dentuman Keras di Langit Riau Diduga Meteor

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Selasa 07 September 2021 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 337 2467444 5-fakta-dentuman-keras-di-langit-riau-diduga-meteor-nbs5Ln88vi.jpg Polisi cek lokasi dentuman terlihat. (Foto: Polres Rohul)

PEKANBARU - Salah satu warga di seputaran Desa Rambah Muda, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Riau mendapati cahaya turun dan suara ledakan di udara, Senin 6 September 2021.

Mendengar kabar tersebut, polisi langsung melakukan pengecekan ke lokasi. Berikut sejumlah fakta terkait peristiwa yang menghebohkan masyarakat ini:

1. Direkam Warga

Warga Desa Rambah Muda bernama Warsono (36) yang saat itu sedang berada di kebun sawitnya melihat cahaya terang di langit.

Sekitar pukul 16.00 WIB, ia melihat cahaya bergerak dari arah timur ke barat. Tak butuh waktu lama sekitar 30 detik terdengar suara dentuman sebanyak 2 kali secara beruntun. Dia pun sempat merekam peristiwa tersebut dan mengunggahnya ke Facebook hingga viral.

Baca juga: Bocah 6 Tahun Korban Pesugihan Orangtua Jalani Operasi Mata

2. Titik Koordinat

Titik koordinat munculnya cahaya misterius tersebut yaitu 0.97975424N 100.31935159E, tepat di kebun sawit milik Warsono.

3. Terdengar hingga Beberapa Kecamatan

Dentuman yang terjadi sebanyak 2 kali nyatanya terdengar hingga ke beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Rambah Hilir, Tambusai, Tambusai Utara, Kepenuhan, dan Bangun Purba.

4. Tidak Ada Bekas

Warga setempat memperkirakan bahwa ledakan itu bersumber dari meteor jatuh. Namun saat dilakukan pengecekan langsung oleh petugas baik TNI Polri dan aparat desa, mereka tidak menemukan bekas apapun.

5. Meteor Sporadis

Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Andi Pangerang menduga dentuman berasal dari meteor sporadis. Dia menjelaskan, ada dua jenis meteor, yakni hujan meteor dan meteor sporadis.

Hujan meteor terjadi saat benda luar angkasa yang disebut meteorit jatuh pada waktu tertentu dari arah yang sama. Sedangkan meteor sporadis sama seperti hujan meteor, hanya saja bisa datang dari mana saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini