5 Peristiwa Keracunan Makanan, Ada yang Korbannya hingga Ratusan Orang

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 07 September 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 337 2466914 5-peristiwa-keracunan-makanan-ada-yang-korbannya-hingga-ratusan-orang-RIpvYJfDmO.jpg Keracunan makanan (Ilustrasi/Ist)

KASUS keracunan makanan memang cukup sering terjadi di beberapa wilayah di Tanah Air. Rata-rata, keracunan terjadi secara massal saat menghadiri sebuah hajatan. Berikut adalah daftar insiden keracunan makanan yang dirangkum tim Litbang MPI pada Selasa (7/9/2021).

1. Sukabumi, Jawa Barat

Kasus keracunan paling anyar terjadi di Sukabumi, Jawa Barat, pada 4 September 2021. Sebanyak 121 orang yang hadir dalam sebuah acara resepsi pernikahan keracunan makanan yang dihidangkan. Para korban kemudian dibawa ke Puskesmas Purabaya.

Melansir Okezone.com, setelah menyantap makanan yang ada dalam acara tersebut, korban langsung merasakan mual dan muntah. Kejadian ini lantas masuk ke dalam LB (Kejadian Luar Biasa). Hingga 5 September 2021, sebanyak 110 korban sudah diperbolehkan pulang. Sementara itu, 11 orang sisanya masih dirawat di Puskesmas.

Sebelumnya, pada 23 Agustus 2021 juga terjadi kasus serupa di Sukabumi. Ada sekitar 89 orang yang keracunan makanan saat menghadiri pesta pernikahan. Gejala yang dirasa pun sama, yakni mual, muntah dan ditambah dengan buang-buang air.

2. Garut, Jawa Barat

Usai menyantap hidangan makanan di acara pengajian, 61 orang yang terdiri dari santri dan warga di Kersamanah, Garut, mengalami keracunan. Gejala awal yang dirasakan adalah pusing, mual dan muntah. Para korban lantas dibawa ke 3 puskesmas berbeda, yakni puskesmas Sukamerang, Cibatu dan Limbangan guna mendapat perawatan.

3. Bekasi, Jawa Barat

Niat hati ingin berbuka puasa bersama, 85 santri yatim piatu di kabupaten Bekasi keracunan santapan buka puasa, yakni lontong sayur dan es buah. Kejadian tersebut terjadi pada April 2021 lalu.

Kudapan yang disajikkan itu diduga sudah basi dan tak layak konsumsi. Setiap tahunnya, yayasan memang menerima bantuan makanan dari perusahaan. Kali ini, makanan dipesan oleh perusahaan kepada seorang warga.

Baca Juga : Ratusan Warga Keracunan Makanan Usai Santap Hidangan Hajatan

Ketika sedang melakukan ibadah sholat tarawih, santri yang memakan hidangan tersebut satu per satu tumbang. Adapun gejala yang sangat terasa adalah mual hingga menyebabkan muntah.

4. Banjar, Jawa Barat

Sebanyak 41 korban keracunan makanan yang disajikkan dalam sebuah acara pernikahan di Banjar, Jawa Barat pada Mei 2021. Dilansir dari Sindonews.com, polisi menduga jika menu soto ayam yang diberikan kepada tamu undanganlah yang menjadi biang keladi keracunan massal ini.

Untuk itu, pihak kepolisian mengirimkan sampel makanan itu ke laboratorium. Sementara itu, para korban langsung dibawa ke rumah sakit setelah mengalami mual, pusing dan diare.

5. Padangsidimpuan, Sumatera Utara

Bakso pentol dagangan RN, 52 tahun asal Tapanuli Selatan, Sumatera Utara rupanya membuat 46 anak mengalami keracunan pada 26 Mei 2020. Pelanggan bakso pentol milik RN didominasi anak-anak. Mereka secara bersamaan mengalami mual dan muntah pada malam hari, setelah di sore harinya membeli dagangan RN. Orangtua para korban segera membawa anak mereka ke rumah sakit terdekat guna mendapat perawatan. Sementara itu, RN berhasil digelandang pihak kepolisian sehari setelah insiden tersebut. (diolah dari berbagai sumber/Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini