Share

Orangtua Tega Cungkil Mata Anaknya karena Pesugihan, Ini Kata MUI

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 05 September 2021 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 05 337 2466551 orangtua-tega-cungkil-mata-anaknya-karena-pesugihan-ini-kata-mui-g93to59kzo.jpg Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis (Foto: MUI.or.id)

JAKARTA — Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis terkejut dengan adanya peristiwa orangtua yang diduga mencungkil bola mata anaknya karena menganut ilmu hitam atau ritual pesugihan. Insiden mengerikan itu terjadi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Astaghfirullah, prihatin. Kalau orang waras nggak mungkin nyakitin anaknya apalagi nyungkil matanya," ujar Kiai Cholil saat dihubungi MNC Portal, Minggu (5/9/2021).

Baca Juga:  Dicekoki 2 Liter Air Garam, Kakak Bocah yang Dicungkil Matanya oleh Ortu Meninggal

Pengasuh Pondok Pesantren Cendekia Amanah ini menilai, persoalan tersebut merupakan tanggung jawab tokoh atau pemuka agama, khususnya untuk memberikan pencerahan kepada pelaku untuk menjauhi ilmu hitam. Apalagi itu terkait jalan pintas untuk mencari kekayaan.

"Maka ini, menurut saya menjadi tanggung jawab kita menjaga kewarasan ideologi putra putri bangsa kita agar tidak terjebak ilmu hitam tidak tejebak dengan pikiran-pikiran jalan pintas kekayaan dan seterusnya," terang Kiai Cholil.

Terkait perbuatan pelaku, Kiai Cholil meminta agar proses hukum tetap berjalan. Pasalnya, perbuatan mereka bisa dikualifikasikan telah melanggar hukum pidana.

Baca Juga:  Dua Terduga Penganiaya Bocah untuk Pesugihan Ditahan Polisi

Sebelumnya diberitakan, seorang anak perempuan diduga dicungkil matanya oleh orang tuanya. Sang orang tua ditengarai terpengaruh ilmu hitam yang dianutnya. Saat ini korban masih trauma. Sementara itu aparat kepolisian telah menangkap empat orang dari peristiwa itu. Mereka antara lain ayah, ibu, paman dan kakek korban.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini