Jenderal Andika Kabulkan Impian Hutasoit, Jadi Kolonel Jelang Pensiun

Riezky Maulana, iNews · Minggu 05 September 2021 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 05 337 2466333 jenderal-andika-kabulkan-impian-hutasoit-jadi-kolonel-jelang-pensiun-N7fUWQtQqR.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Kenaikan pangkat merupakan hal yang selalu dinantikan oleh semua prajurit TNI. Tidak peduli berapa lama waktu yang ditempuh, segala upaya pasti akan dilakukan.

(Baca juga:  Saat Air Mata Bung Karno Tumpah Usai Teken Hukuman Mati untuk Sahabatnya)

Salah satunya Letkol CBA Hutasoit, seorang siswa Dikreg LX Seskoad. Meskipun satu tahun lagi menginjak masa pensiun, dia tetap berupaya menuntaskan mimpinya untuk menggapai kenaikan pangkat menjadi kolonel.

Banyak pertanyaan yang datang kepada Junisar, mengapa hendak berpangkat Kolonel ketika satu tahun lagi pensiun, apa yang dikejar? Pertanyaan serupa juga disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Letkol Junisar sebenarnya apasih yang dikejar? Ini mau pensiun lho tapi masih mau ikut sesko?" ujar KSAD dalam tayangan video yang dikutip, Minggu (5/9/2021).

"Pertanyaan ini banyak kami terima, orang harusnya itu hidup penuh kebanggaan, salah satunya yaitu melalui pendidikan ini. Kira kira 15 tahun yang lalu kami sudah berulang kali mengikuti tes ini tes ini tapi kurang beruntung. Namun dalam kesempatan ini kami diberi kesempatan untuk mewujudkan keinginan yang belum kami wujudkan," jawab Junisar.

(Baca juga: Anies: Vihara Dharma Jaya Toasebio Meneduhkan Kehidupan Bermasyarakat)

Bagi Junisar, mengikuti pendidikan Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) merupakan hal yang membanggakan bagi seorang perwira TNI AD. Menurut dia, pengharapan untuk mengikuti pendidikan tingkat tertinggi selalu ada di benaknya.

"Waktu itu kami sepertinya putus harapan tapi intinya masih mengharapkan sih untuk bisa mengikuti pendidikan di sekolah yamg tertinggi di Angkatan Darat, terbaik dan terhormat, disegani pula," katanya.

Andika yang mendengarkan pernyataan tersebut berupaya memenuhi mimpi daripada Letkol Junisar. Satu tahun jelang pensiun, Junisar akan mendapatkan promosi kenaikan pangkat satu tingkat dari sebelumnya.

Kepastian tersebut, juga disampaikan KSAD kepada Asisten Personel (Aspers). Andika mengimbau, jangan sampai sebelum pensiun, Junisar belum mendapat kenaikan pangkatnya.

"Ya Aspers, jangan sampai kasian dia. Kita wujudkan mimpinya Aspers, kita wujudkan supaya Junisar jadi kolonel sebelum pensiun," ungkap Andika.

Junisar pun tak menduga sama sekali bahwasanya dia mendapat perhatian begitu jauh dari Jenderal Bintang Empat tersebut. Dia mengaku amat diperhatikan dengan kepastian tersebut, padahal, dengan bisa mengikuti pendidikan di Seskoad itu sudahlah cukup baginya.

"Kami bergembira sekali bersyukur berterima kasih kepada KSAD yang telah memperhatikan begitu jauh kepada kami. Padahal kami dengan pendidikan ini sudah merasa diperhatikan, mengikuti apalagi ditambah ditambah seperti ini, kami hanya bisa berterima kasih," tutup Junisar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini