5 Kasus Manusia yang Dimangsa Hewan Liar di Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 05 September 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 05 337 2466316 5-kasus-manusia-yang-dimangsa-hewan-liar-di-indonesia-ut8TLBNHV0.JPG Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Keberadaan hewan liar, seperti buaya, ular dan harimau memang sedikit banyak beririsan dengan kehidupan masyarakat. Apalagi, bagi mereka yang tinggal di wilayah terpencil dekat hutan atau sungai.

Kasus hewan liar yang memangsa manusia pun pernah beberapa kali mencuat. Salah satunya adalah R, remaja yang tewas akibat menjadi santapan harimau di Riau. Berikut adalah kisah hewan liar yang memangsa manusia.

1. Siak, Riau

MA, remaja 16 tahun asal Nias, Sumatera Selatan ini tewas setelah dimangsa harimau pada 29 Agustus 2021 malam. Kejadian bermula saat MA dan ayahnya, R yang tinggal di sebuah wilayah terpencil di Siak, Riau mengalami mati listrik.

MA dan R lantas menghampiri sebuah genset yang berjarak sekitar 150 meter dari rumahnya. Setelah diperiksa, R menyuruh MA untuk menghubungi seseorang dan mencari bantuan agar genset bisa kembali normal.

Karena minim sinyal, maka MA bergegas mencari sinyal sembari berusaha menelepon. Saat itulah ia diterkam harimau, dan tubuhnya dibawa hewan buas itu ke dalam hutan. Penyeretan tubuh korban oleh harimau itu disaksikan R.

Kemudian, R langsung mencari bantuan ke warga sekitar. Jasad MA berhasil ditemukan sekitar 300 meter dari lokasi kejadian. Sementara itu, kondisi jasadnya sangat mengenaskan dengan beberapa bagian tubuh yang sudah tak utuh.

2. Dumai, Riau

Jasad seorang pria asal Dumai yang berinisial R, ditemukan dalam kondisi sangat memprihatinkan pada 29 Juni 2021. Ketika ditemui, ada beberapa bagian tubuh R yang sudah terpotong-potong dengan sebagian organ tubuhnya raib.

Setelah dilakukan penyelidikan, R diketahui tewas akibat dimangsa harimau. Terlebih, lokasi penemuan jasad yang berada dalam teritorial wilayah harimau.

3. Sorong Selatan, Papua Barat

Seorang wanita warga Sorong Selatan, Papua dikabarkan hilang pada Januari 2019. Wanita berinisial EH itu diduga dimangsa buaya di sungai sekitaran TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di wilayah kampung Bagara.

Buaya yang diprediksi memangsa EH kemudian ditangkap warga di dekat TPA, sebulan setelah kabar hilangnya EH. Betapa kagetnya pihak keluarga EH, ketika si buaya dengan berat 1 ton itu mengeluarkan pakaian milik korban dari dalam perutnya. Buaya tersebut langsung dibawa ke rumah korban sembari diarak warga setempat.

4. Muna, Sulawesi Tenggara

Seekor ular piton dengan panjang 7 meter memangsa WT, ibu rumah tangga asal Muna, Sultra. Jasad WT ditemukan di dalam tubuh ular tersebut pada Jumat, 15 Juni 2018. WT awalnya pergi ke kebun untuk melakukan pengecekan pada Jumat pagi.

Namun, ia tak kunjung pulang. Hingga akhirnya, warga menemukan seekor ular dengan tubuh yang sangat besar, karena selesai memakan sesuatu. Benar saja, setelah dilakukan pembedahan, tubuh WT ditemukan di dalamnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini