Peristiwa 4 September: Kaisar Napoleon III Digulingkan hingga Google Didirikan

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 04 September 2021 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 04 337 2465977 peristiwa-4-september-kaisar-napoleon-iii-digulingkan-hingga-google-didirikan-j7e9V16ijP.jpg Napoleon III (Foto: Ist)

JAKARTA – Sejumlah peristiwa terjadi pada 4 September. Salah satu kejadian yang diingat pada hari ke-247 dalam kalender Gregorian adalah saat Kaisar Tang Taizong mengumumkan pendirian Dinasti Tang di Cina pada tahun 626.

Pada tanggal yang sama, Ratu Wilhelmina dari Belanda harus turun takhta karena masalah kesehatan pada tahun 1948. Berikut ulasannya dikutip Okezone dari laman Wikipedia:

476 - Romulus Augustus, kaisar terakhir Kerajaan Romawi barat, diasingkan ketika Odoacer menyatakan dirinya sebagai raja Italia dan mengakhiri Kerajaan Romawi Barat.

626 - Li Shimin, yang dikenal dengan nama Kaisar Taizong dari Tang, mengumumkan pendirian Dinasti Tang di Cina.

Kaisar Taizong lahir dengan nama Li Shimin, adalah Kaisar Dinasti Tang kedua di Tiongkok dari tahun 626 hingga 649. Ia membantu ayahandanya, Li Yuan untuk memberontak melawan Dinasti Sui di Jinyang pada tahun 617, dan dianggap sebagai salah satu pendiri Dinasti Tang.

Taizong memainkan banyak peran penting dalam mengalahkan lawan-lawan yang berbahaya bagi Dinasti dan mengkokohkan pemerintahannya di China. Dia sendiri dianggap sebagai salah satu kaisar yang berhasil memimpin Tiongkok dalam sejarah, dan rezimnya dijadikan sebagai tolok ukur kesuksesan pemerintahan untuk raja-raja selanjutnya.

1260 - Ghibellines Siena, didukung oleh pasukan Raja Manfred dari Sisilia, mengalahkan Guelphs Florence di Montaperti.

1635 - Kontrak dagang pertama diadakan Kesultanan Banjar dengan Kompeni Belanda yang diwakili oleh Hendrik Brouwer, Antonio van Diemen, Jan van der Burgh, dan Steven Barentszoon.

1666 - Di London, Inggris, kerusakan paling parah dari kebakaran besar London terjadi.

1781 - Los Angeles didirikan dengan nama El Pueblo de Nuestra Senora La Reina de Los Angeles de Porciuncula oleh sekelompok pemukim Spanyol berjumlah 44 orang.

1870 - Kaisar Napoleon III dari Prancis digulingkan. Republik Ketiga dideklarasikan.

1888 - George Eastman mendaftarkan merek dagang Kodak dan menerima paten untuk kameranya yang menggunakan film gulung.

1948 - Ratu Wilhelmina dari Belanda turun takhta karena masalah kesehatan.

Ia memimpin Belanda selama lebih dari 50 tahun, lebih lama daripada penguasa monarki kerajaan Belanda lainnya. Masa kekuasannya menjadi saksi beberapa titik perubahan di Belanda dan sejarah dunia: Perang Dunia I dan Perang Dunia II, Krisis Ekonomi tahun 1933, dan juga kejatuhan Belanda sebagai penguasa kolonial.

Ia paling dikenang untuk perannya dalam Perang Dunia II di mana ia membuktikan dirinya sebagai inspirasi besar bagi gerakan perlawanan rakyat Belanda dan sebagai pemimpin utama pemerintahan Belanda di pengasingan.

1963 - Penerbangan 306 Swissair jatuh dekat Dürrenäsch, Swiss, menewaskan seluruh penumpangnya.

1971 - Pesawat Boeing 727 Penerbangan 1866 Alaska Airlines (en:Alaska Airlines Flight 1866) jatuh dekat Juneau, Alaska, menewaskan seluruh penumpang berjumah 111 orang.

1972 - Mark Spitz menjadi atlet pertama yang memenangkan tujuh medali dalam Olimpiade, yaitu pada Olimpiade München 1972.

1998 - Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa Universitas Stanford.

2010 - Gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang Pulau Selatan di Selandia Baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini