4 Cerita Prajurit Gadungan Tertangkap Anggota TNI Asli, Tipu-Tipu Raup Jutaan Rupiah

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 03 September 2021 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 337 2465296 4-cerita-prajurit-gadungan-tertangkap-anggota-tni-asli-tipu-tipu-raup-jutaan-rupiah-kPMZw903X4.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

MENJADI TNI gadungan sudah jelas merupakan tindak kejahatan yang tidak dapat ditolerir. Dari perbuatannya itu, oknum TNI gadungan mampu menipu korbannya dan merampas uang milik korban.

Namun, apa jadinya jika TNI gadungan itu tertangkap oleh anggota TNI asli? Berikut kisahnya.

1. Sukabumi, Jawa Barat

Tim gabungan pos AL (Angkatan Laut) Palabuhan Ratu meringkus RY, lantaran mengaku sebagai Kolonel Marinir TNI AL. Melansir iNews.id, pria 21 tahun itu juga telah menipu 2 perempuan di Sukabumi, Jawa Barat. Ia menipu para korbannya dengan iming-imingi akan dinikahi. Korban juga tertarik dengan penampilan RY karena dinilai gagah. Korban bahkan sudah mempersiapkan acara lamaran. Namun, RY tak juga datang. Kedok pelaku akhirnya terbongkar juga.

Sementara itu, pelaku berhasil menggasak uang para korbannya senilai Rp7,3 juta. Salah satu korban, SR, akhirnya melapor ke pos gabungan TNI AL Palabuhan Ratu. RY berhasil ditangkap dan terpaksa merasakan hotel prodeo Mapolres Sukabumi.

2. Barito Selatan, Kalimantan Tengah

Anggota TNI Kodim 1020/Buntok berhasil menangkap BSS, seorang pria yang nekat menyamar sebagai anggota TNI gadungan di komando distrik militer tersebut, pada 2 Agustus 2020. Aksi TNI gadungan itu diketahui anggota TNI Kodim saat berada di rumah seorang wanita tak bersuami. Diketaui, wanita tersebut menjadi korban penipuan BSS dan dijanjikan akan dinikahkan. Dari wanita itu, tersangka berhasil meraup uang senilai Rp 7,5 juta.

Baca Juga : Mantan Napi Ngaku Anggota TNI, Ancam Sebar Video Syur jika Tak Diberi Uang

Ketika diringkus, BSS tak mampu berkutik dan berbuat banyak. Pihak TNI Kodim 1020/Buntok lantas melimpahkan kasus itu ke Polres Barsel.

3. Denpasar, Bali

Satu lagi aksi TNI gadungan yang berhasil dibongkar oleh anggota TNI asli terjadi di Denpasar, Bali pada 11 November 2020. Korem 163/Wira Satya berhasil meringkus NI, seorang pemuda yang menyamar sebagai perwira TNI AD. Ia menipu sepasang ibu dan anak, yakni J dan NA.

Pelaku kerap kali makan di warung ikan bakar milik korban. Ia juga akrab dengan J dan NA, lantaran sering makan di warung tersebut. Hingga akhirnya, NA memiliki hubungan dekat dengan pelaku. Lambat laun, NI meminjam uang kepada NA. Pertama adalah sebesar Rp 1,5 juta dan selanjutnya sebesar Rp 8,5 juta. Namun, NA belum menaruh curiga.

Karena ingin tahu pekerjaaan NI yang sebenarnya, J bertanyaa ke petugas piket di Kesatriaan Praja Raksasa Kepaon. Fakta yang didapat, NI bukanlah anggota TNI di tempat tersebut. Anggota TNI lantas menangkap pelaku di rumahnya.

4. Medan, Sumatera Utara

Pria berinisial M, berusia 50 tahun mengahkiri penyamarannya selama 12 tahun sebagai anggota TNI gadungan. Aksinya itu diketahui oleh petugas Babinsa Koramil 0201-05/Medan Baru, HP saat berpapasan dengan M pada November 2020.

HP curiga lantaran baju seragam dan atribut yang digunakan M tidak umum. Saat diminta menunjukkan kartu anggota dan NRP, M kalang kabut dan tidak mampu menunjukkan.Ia justru memberikan jawaban berbelit. Kasus itu langsung diserahkan kepada Polrestabes Medan. Kini, M harus mempertanggungjawabkan perbuatan nekatnya itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini