Share

Telan Biaya Rp1,78 Triliun, Bendungan Way Sekampung Berkapasitas 68 Juta Meter Kubik

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 02 September 2021 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 337 2465160 jokowi-akhirnya-resmikan-bendungan-way-sekampung-yang-telan-biaya-rp1-78-triliun-T0FCVRxZGC.png Presiden Jokowi (Foto : Antara)

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Way Sekampung yang terletak di Kabupaten Piring Sewu, Provinsi Lampung, pada Kamis (2/9/2021). Pembangunan infrastruktur yang menelan biaya Rp1,78 triliun ini telah dimulai sejak 2016 dan kini telah rampung.

"Alhamdulillah Bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak 2016 hari ini telah selesai dan siap difungsikan. Bendungan ini menelan biaya Rp1,78 triliun, dan memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik dengan luas genangan 800 hektare," kata Jokowi dilihat dari Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, bendungan ini bersifat multifungsi, bisa untuk irigasi, kemudian untuk air baku, juga untuk pembangkit listrik, serta pebgendalian banjir.

"(Bendungan ini) mampu mengairi 55 ribu hektare daerah irigasi eksisting dan 17.500 hektare daerah irigasi baru, artinya ini ada ekstensifikasi dan menyediakan air baku hingga 2,737 liter per detik dan sebagai sumber pembangkit listrik 5,4 megawatt serta sebagai pengendali banjir," tuturnya.

Jokowi melanjutkan, dengan manajemen air dari hulu sampai hilir sistem cascade Bendungan Way Sekampung ini, ketersediaan air di salah satu lumbung pangan nasional diharapkan dapat dijaga kontinuitasnya dan terus meningkat produksinya. Intensitas tanam, lanjutnya, juga bisa ditingkatkan dari semula dua kali setahun jadi tiga kali.

"Artinya produksi dipastikan akan meningkat dan kita harapkan kesejahteraan petani juga ikut meningkat. Ini harapan kita. Bendungan ini akan berfungsi dengan optimal untuk mendukung produktivitas pertanian jika disambung dengan sistem irigasi yang tertata dengan baik mulai saluran irigasi primer, sekunder, tersier, sampai ke kwarter," papar Jokowi.

Baca Juga : Tinjau Vaksinasi di SMP Pesawaran, Jokowi: Semoga Bisa Segera Belajar Tatap Muka

Lebih lanjut, Kepala Negara meminta kepada Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten Piring Sewu dan daerah sekitarnya untuk betul-betul memerhatikan bendungan ini. Jokowi ingin infrastruktur yang telah menelan biaya besar ini bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh masyarakat dalam rangka mendukung produktivitas petani, membantu masyarakat yang kesulitan air bersih, serta mengurangi kerugian masyarakat akibat adanya banjir.

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Piring Sewu Provinsi Lampung sore hari ini saya nyatakan dibuka dan diresmikan," tutup Jokowi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini