Kelompok Teroris Manfaatkan Badan Amal untuk Cari Dana

Jonathan Nalom, MNC Media · Selasa 31 Agustus 2021 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 337 2463935 kelompok-teroris-manfaatkan-badan-amal-untuk-cari-dana-IBaSAryHzq.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Kepala Densus 88 Anti Teror Polri, Irjen Pol Martinus Hukom mengungkapkan pendanaan oleh kelompok terorisme dilakukan dengan membentuk badan amal. Hal tersebut ditemukan pada aksi terorisme baru-baru ini.

“Beberapa hari terakhir ini kita menangkap, terutama tahun-tahun terakhir, begitu banyak kita menemukan mereka membangun badan amal,” kata Kepala Densus 88 Anti Teror Polri, Irjen Pol Martinus Hukom Focus Group Discussion yang disiarkan dalam kanal Youtube Divisi Humas Polri, Selasa (31/8/2021)

Martinus menambahkan, nantinya badan amal yang dibangun tersebut akan ditawarkan kembali ke masyarakat. Adapun modus ini digunakan untuk menargetkan warga-warga yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi.

“Sehingga masyarakat kita yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi ini mendonasikan uang ke badan amal tersebut. Tanpa sadar masyarakat kita untuk melakukan itu,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut Martinus juga mengatakan masih terdapat beberapa metode pendanaan untuk aksi terorisme. Bahkan, pendanaan kerap datang dari negara luar negeri.

“Selama ini yang kita ikuti, mereka menggunakan istilah ‘faid’ itu nomenklatur yang mereka gunakan, yang sebenarnya upaya untuk melegitimasi apa yang mereka lakukan yaitu pencurian atau kejahatan perampokan dan lain-lain,” tuturnya.

“Mereka juga pernah ditemukan menggunakan cyber crime, lalu ada infaq dari anggota, kemudian badan amal, begitu juga ada datang dari luar negeri, begitu pula dari simpatisan mereka sendiri.” imbuhnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini