Share

Masih di Bawah Umur, Tersangka Peretasan Situs Setkab Dipulangkan

Indra Purnomo, MNC Portal · Selasa 31 Agustus 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 337 2463870 masih-di-bawah-umur-tersangka-peretasan-situs-setkab-dipulangkan-pvhfLVdyAd.jpg Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Satu orang tersangka peretasan situs Sekretariat Kabinet (Setkab) dipulangkan oleh kepolisian. Tersangka berinisial MLA (17) itu dipulangkan lantaran di bawah umur.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan saat ditemui di kantornya.

"Itu dikembalikan ke orang tuanya untuk dibimbing orangtuanya tentunya melalui proses diversi," kata Ramadhan, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga:  Retas Website KPU Jaktim, Pelaku Protes Pandemi dan Nilai Kepahlawanan

Adapun MLA akan dialihkan proses peradilan pidana ke luar peradilan pidana atau diversi. Ada kesepakatan bahwa MLA tidak mengulangi perbuatannya lagi. Selain itu, ada pernyataan dari orangtuanya untuk melakukan pembinaan kepada anak.

"Ada kesepakatan bahwa tersangka di bawah umur tidak akan mengulangi lagi. Kemudian ada pernyataan bahwa orangtuanya akan melakukan pembimbingan kepada anaknya," ujar Ramadhan.

MLA dipulangkan ke rumah orangtuanya di Sumatera Barat. MLA juga diwajibkan melapor secara berkala di balai pemasyarakatan (bapas) Sumatera Barat.

Diberitakan, situs resmi Setkab setkab.go.id diretas pada 31 Juli 2021 lalu. Terdapat dua pelaku yang berusia 18 tahun, yakni berinisial BS alias ZYY. Sedangkan pelaku MLA berusia 17 tahun.

Baca Juga: Polri : Peretas Defacing Situs Setkab

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini