Share

Mendagri Tito Karnavian Minta Daerah Kurangi Komposisi Belanja Pegawai

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 31 Agustus 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 337 2463755 mendagri-tito-karnavian-minta-daerah-kurangi-komposisi-belanja-pegawai-4InkiWCLNU.jpg Mendagri Tito Karnavian .(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang kabinet bahwa pandemi memberikan pelajaran yang sangat banyak. Salah satunya berkaitan dengan kontak sistem kerja pemerintah.

“Pandemi ini betul-betul memberikan pelajaran yang sangat banyak kepada kita semua. Salah satunya mengenai masalah mekanisme bekerja kita,” katanya.

Dia mengatakan, saat ini kegiatan kontak fisik berkurang, di mana banyak instansi pemerintah yang menjalankan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Meski begitu, pemerintahan tetap berjalan, belanja aparatur juga tidak banyak.

Baca Juga: Mendagri Ungkap Koordinasi di Daerah Belum Maksimal untuk Turunkan Stunting

“Kita melihat pemerintahan terus berjalan meskipun work from home. Tidak banyak kegiatan-kegiatan besar dan tidak melibatkan belanja aparatur yang banyak. Pekerjaan tetap jalan pandemi ini,” ungkapnya.

Tito berharap bahwa hal ini hendaknya dapat mengubah budaya kerja saat ini. Menurutnya dengan pengalaman pandemi saat ini maka belanja pegawai perlu dikurangi.

“Dengan pengalaman pandemi ini komposisi belanja untuk aparatur perlu dikurangi. Dan kemudian dialihkan kepada belanja untuk kepentingan yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini