Menag Sebut Suspend Perjalanan Indonesia ke Arab Saudi Sudah Dicabut

Widya Michella, MNC Media · Selasa 31 Agustus 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 337 2463580 menag-sebut-suspend-perjalanan-indonesia-ke-arab-saudi-sudah-dicabut-PuzRMLTsR7.jpg Menag Gus Yaqut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut suspend perjalanan internasional Indonesia ke Arab Saudi telah dicabut. Meski demikian, Warga Negara Indonesia (WNI) yang bisa masuk ke Arab Saudi hanya yang memiliki izin tinggal tetap dengan sudah divaksin dosis lengkap dengan vaksin yang diakui Arab Saudi.

"Lalu suspend sudah dicabut namun masih terbatas pada WNI yang memiliki izin tinggal dengan syarat setelah vaksin dosis lengkap dengan vaksin yang diakui Arab Saudi," kata Menag saat Raker bersama Komisi VIII DPR, Senin (30/08/2021).

Dia menjelaskan bahwa Arab Saudi telah menerbitkan edaran tentang penyelenggaraan umrah di tengah pandemi Covid-19 yang sudah diperbolehkan pada 1 Muharram atau 10 Agustus 2021 lalu.

Baca juga: Menag: 61,7% Masyarakat Percaya Informasi Covid-19 Lewat Tokoh Masyarakat

"Kemudian pemerintahan Indonesia belum (dapatkan) pemberitahuan secara resmi dari pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah umrah tahun 1443 H ini," jelasnya.

Sehingga, Menag berencana akan mengunjungi Arab Saudi untuk melakukan lobi kepada pemerintah Arab Saudi agar warga Indonesia bisa melaksanakan ibadah umrah.

Baca juga: Doa Menag dalam Renungan Suci Peringatan HUT ke-76 RI

"Kami dalam waktu yang paling memungkinkan segera ke Arab Saudi untuk memperjelas hal ini. Mudah-mudahan ada kabar baik setelah dari sana," tutur dia.

Ia menambahkan bahwa vaksin Sinovac dan Sinopharm telah diakui oleh pemerintah Arab Saudi sebagai syarat dalam melakukan perjalanan umrah.

Namun, kata dia, calin jamaah akan diwajibkan mendapatkan dosis ketiga dari 4 jenis vaksin yang diakui Arab Saudi antara lain Moderna, Pfizer, Astrazeneca, dan Johnson and Johnson.

Baca juga: Kemenag : 2 Juta Siswa Madrasah Telah Terima Bantuan Sosial PIP

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini