Share

Kategori Hitam di PeduliLindungi, Luhut: Untuk Orang Positif atau Kontak Erat Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 30 Agustus 2021 23:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 337 2463574 kategori-hitam-di-pedulilindungi-luhut-untuk-orang-positif-atau-kontak-erat-covid-19-tSfZ8yYwce.jpg Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menambahkan kategori baru dalam skrining aplikasi Pedulilindungi sebagai syarat dalam melakukan aktifitas di ruang publik. Sebelumnya hanya ada warna merah, orange, hingga hijau, dan kini akan ditambah dengan warna hitam.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvers) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, warna hitam menjadi kategori orang yang teridentifikasi positif Covid-19 atau kontak erat.

“Pada minggu ini kita akan melakukan perubahan kategori warna pada Pedulilindungi, akan ditambahkan kategori warna hitam bagi orang yang teridentifikasi positif Covid atau kontak erat,” kata Luhut dalam Konferensi Pers secara virtual, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Luhut: 13,6 Juta Orang Skrining Masuk Sektor Publik, 462 Ribu Masuk Kategori Merah

Luhut mengatakan, perubahan warna dilakukan untuk mendeteksi serta cepat dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. “Sehingga kita bisa lebih cepat dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran kasus,” katanya.

“Jika orang-orang ini masih memaksa melakukan aktivitas di ruang publik maka mereka langsung dievakuasi isolasi atau dikarantina terpusat,” papar Luhut.

Baca juga: Menko Luhut: Semua Tempat Wisata Harus Dilengkapi Aplikasi PeduliLindungi

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Selain itu, Luhut mengatakan per 29 Agustus 2021, total sebanyak 13,6 juta masyarakat yang melakukan skrining di beberapa sektor publik, namun sebanyak 426 ribu orang masuk kategori merah yang artinya tidak diperkenankan masuk melakukan aktivitas di sektor publik oleh sistem.

“Per 29 Agustus kemarin total masyarakat yang melakukan skrining dengan penggunaan pedulilindungi di beberapa sektor publik seperti perbelanjaan, industri, olahraga dan lainnya telah mencapai 13,6 juta orang. Dan dari total 13,6 juta tersebut terdapat 462.000 orang masuk kategori merah tidak diperkenankan masuk melakukan aktivitas oleh sistem,” kata Luhut.

Ia pun mengingatkan bahwa masyarakat harus tetap waspada. “Di sini yang perlu kita waspadai bersama jangan sampai yang positif masih jalan-jalan di daerah publik yang bisa menularkan kepada banyak orang,” tuturnya.

Baca juga: Luhut: 268 Perusahaan Uji Coba Penerapan Protokol Kesehatan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini