Candi Telih, Lokasi Ken Arok Memadu Kasih dengan Selirnya Ken Umang

Avirista Midaada, Okezone · Senin 30 Agustus 2021 07:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 337 2463072 candi-telih-lokasi-ken-arok-memadu-kasih-dengan-selirnya-ken-umang-kQerTPbiSq.jpg Candi Telih. (Foto: Istimewa)

SETELAH berhasil menumbangkan Tunggul Ametung, Ken Arok akhirnya menikahi Ken Dedes. Pernikahan dengan Ken Dedes merupakan pernikahan yang kedua Ken Arok lantaran sebelumnya ia telah memiliki istri atau selir bernama Ken Umang. 

Ken Umang sendiri merupakan saudari pungutnya anak Bango Samparan, yang dinikahi Ken Arok ketika bergerilya melawan Tumapel. Sedangkan Ken Dedes adalah istrinya yang ia nikahi saat menjadi pemimpin Tumapel. Kendati telah menikah dengan Ken Dedes, cinta Ken Arok ke Ken Umang ternyata tak luntur.

Ken Umang juga telah mengetahui bila ia hanya menjadi istri selir dari Ken Arok. Umang mengaku ikhlas lantaran ia hanyalah dari seorang golongan sudra, yang berbeda kasta dengan Ken Dedes yang berasal dari kasta brahmana.

Dikisahkan pada buku ‘Hitam Putih Ken Arok dari Kejayaan hingga Keruntuhan’ karya Muhammad Syamsuddin, Ken Arok sering mengunjungi Ken Umang tanpa sepengetahuan Ken Dedes tentunya. Ken Arok mengunjungi Ken Umang di salah satu candi bernama Telih, yang berada di Dusun Sumbul, Desa Klampok, Kecamatan Singosari.

Baca juga: Ketika 'Pelet' Ken Arok Membuat Ken Dedes Membisu hingga Gemetar

Di Candi Telih yang memiliki ketinggian sekitar 2 meter dan lebar bangunan 2,5 meter inilah keduanya sering bertemu untuk memadu kasih. Ken Arok melepas rindu dengan Ken Umang istri pertamanya. Di candi itu pula, Ken Arok melangsungkan percintaannya dengan Ken Umang.

Dari hasil cinta Ken Arok dan Ken Umang berdasarkan Prasasti Mula Malurung tahun 1255, keduanya dianugerahi empat orang anak, yakni Tohjaya, Panji Sudatu, Tuan Wregola, dan Dewi Rambi.

Kendati hanya menjadi selir, Ken Umang tetap mendapat tempat di Istana Tumapel. Saat pengukuhan Ken Arok menjadi penguasa Tumapel adalah Lohgawe sang guru yang akhirnya menjawab protes rakyatnya. Sebab selama ini rakyatnya mengetahui perjuangan Ken Umang dalam melakukan perlawanan terhadap akuwu Tumapel dan pasukannya.

Alhasil saat diperkenalkan sebagai penguasa Tumapel, Ken Umang pun turut dihadirkan di tengah-tengah. Ken Arok pun mempunyai dua permaisuri yakni Ken Dedes dan Ken Umang. Kendati demikian, pada akhirnya Ken Dedes lah yang menjadi permaisuri Ken Arok, dengan konsekuensi tentu ia menikah dengan Ken Arok. Sedangkan Ken Umang tetap menjadi selir dari Ken Arok. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini